Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Pagerank Dan Alexa Rank

Daftar Isi [Buka]

Pagerank Dan Alexa Rank - Sobat Blogger senior tentunya sudah memahami tentang Rangking Google, Pagerank Dan Alexa Rank. Namun buat Blogger pemula seperti saya yang belum paham apa yang dimaksud Google Pagerank Dan Alexa Rank tentunya bertanya-tanya dalam hati.

Pengertian Pagerank Dan Alexa Rank

Secara umum bisa di katakan Pagerank Dan Alexa Rank adalah sistem Rangking sebuah Blog atau Website. Selain itu  dari angka tersebut dapat diketahui nilai popularitas sebuah blog. Artinya semakin bagus rangkingnya maka semakin populer pula blog tersebut.

Seperti hal'nya pada Blog saya Tekhnik Blogging PR/Pagerank baru 1,ya maklum masih Blog saya masih baru. Namun begitu saya tetap bersyukur ٱلْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ ٱلْعَٰلَمِين Hasil ini saya dapat berkat dukungan sobat Blogger semua,tanpa kalian apalah artinya Blog saya.

Kembali pada topik Pagerank Dan Alexa Rank

A. Pagerank Google

Pagerank adalah rangking atau nilai sebuah blog ataupun website dimata google. Rangking di pagerank didasarkan pada skala angka 1-10, semakin besar nilainya maka semakin bagus nilai blog itu. Penilaiannya berdasarkan banyaknya Backlink yang masuk dan keluar dari dan ke situs tersebut serta nilai SEO sebuah blog, (misalnya artikel tertentu yang masuk di halaman pertama google search).

Penghitungan'nya sendiri berdasarkan pada metode atau teknik algoritma google sendiri. Untuk update pagerank biasanya 3 bulan sekali. Di tahun 2020 ini sudah 2 kali update, yaitu di bulan Februari dan Mei,Buat sobat yang mau cek pagerank blog'nya bisa klik Disini 


B. Alexa Rank

Untuk Alexa Rank Rangking berdasarkan kombinasi antara banyaknya jumlah pengunjung harian dan jumlah pageviews. Ada yang mengatakan teknik pengukuran alexa didasarkan pada instalasi pemasangan alexa toolbar di Firefox, Google Chrome atau lainnya.

Rangking alexa bisa juga dapat dari Posting setiap 1 atau 2 hari baik secara global ataupun lokal,Jadi setiap harinya rangking di alexa bisa naik bisa turun tergantung pengunjungan pada blog kita. Tingkat reputasi dan penghitungan Backlink atau Link yang masuk di Alexa Rank dihitung sekali saja untuk satu blog / website walaupun sering link masuk dari satu blog, dan diupdate per bulan.

Perbedaan mendasar antara Pagerank Dan Alexa Rank adalah, Pada Pagerank kita tidak perlu memasang meta tag pagerank pada template, sedangkan Pada Alexa Rank kita wajib mengklaim blog alias memasang meta content di template yang diberikan alexa pada saat registrasi.

Selain itu jika pada Pagerank google skala nilainya adalah 0-10 semakin besar makin bagus, sedangkan Pada  Alexa Rank jutaan, semakin kecil maka semakin tinggi rangkingnya. Nah sekarang sobat sudah tahu bukan apa itu Pagerank Dan Alexa Rank.

Inti dari keduanya adalah sistem penilaian rangking suatu situs web/blog dari seberapa populer tingkat reputasinya, yang bisa di ukur dari jumlah pengunjung, Backlink keluar masuk dan upaya optimasi search engine alias SEO blog tersebut.

Buat sobat blogger yang rangking blog'nya masih rendah,seperti blog saya jangan berkecil hati, teruslah berusaha dan belajar. Blog dengan Pagerank yang tinggi tidak menjamin kunjungan pada blog'nya juga tinggi.

Penutup

Tapi bisa dilihat dari Alexa Rank,jika Alexa Rank kurus,kecil,mungil alias langsing itu berarti kunjungan pada blog'nya rame bin meriah euy....! Demikian Pencerahan Pagerank Dan Alexa Rank Dari Saya Semoga Bermanfaat.....!

Salam Blogger....!!!