Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Efek Layar Komputer Pada Mata

Daftar Isi [Buka]

Efek layar komputer pada mata - Bagi sobat yang kerjanya di depan komputer, Anda mungkin pernah mendengar tentang ketegangan mata akibat komputer. Kondisi ini merupakan satu keluhan yang sering dirasakan oleh para pengguna komputer.

Eye strain atau bisa diartikan sebagai sakit mata atau mata lelah, terjadi karena mata dipaksa untuk melihat satu obyek dalam jangka waktu yang panjang.

Efek Layar Komputer Pada Mata

Ketegangan mata dapat terjadi di mana saja, misalnya di jalan ketika mengemudi pada jarak jauh, di rumah ketika menonton film, atau di tempat tidur saat membaca novel.

Namun demikian, tempat yang paling umum yang dapat memicu ketegangan mata adalah di depan layar komputer.

Kadang-kadang, kita tidak menyadari bahwa kita sudah bekerja untuk waktu yang lama di depan komputer dan kita tidak menyadari bahwa mata kita sangat lelah.

Efek layar komputer pada mata

Mata memiliki saraf kecil yang bekerja ketika kita menatap monitor komputer akibat fokus didepan komputer,saraf-saraf mata kita lelah dan mengalami ketegangan mata.

Gejala yang timbul akibat ketegangan mata didepan komputer:

  • Sakit kepala
  • Ketegangan pada leher
  • Mata gatal atau kering
  • Mata berair
  • Pandangan tidak fokus
  • Pandangan ganda
  • Sulit untuk berkonsentrasi pada layar komputer
  • Warna layar komputer nampak tidak harmonis
  • Dan layar komputer nampak berkedip

Sedikit tips untuk menghindari ketegangan mata di depan komputer :

  1. Salah satu tindakan mudah adalah dengan mengedipkan mata sobat lebih sering, jika sobat bekerja di depan komputer,berkediplah sekurang-kurangnya lima kali daripada rata-rata.
  2. Selain itu, sobat juga perlu mengatur waktu istirahat lebih. Dalam masa kerja satu jam di depan komputer,istirahatkan mata sobat sekurang-kurangnya 5menit. Agar mata tidak terlalu lelah dan dapat kembali fokus.
  3. Jaga jarak mata pada monitor pastikan jarak sobat dengan monitor sesuai dengan yang disarankan oleh para ahli mata, jarak pandang yang aman antara mata dan monitor yaitu 20-40 inci atau 50-100.
  4. Setting monitor. Monitor yang ada saat ini banyak menyediakan preset display mode sehingga dapat memudahkan kita mengganti setting pada layar monitor,termasuk memberikan level pada brightness dalam hal ini sobat bisa sesuaikan kenyamanan penggunanya menurut sobat.
  5. Jangan mengoprasikan komputer diruangan gelap contras cahaya yang dipancarkan komputer pada ruang gelap juga bisa merusak mata anda,karena tidak ada keseimbangan pencahayaan.

Penutup

Demikian tadi info tentang Efek layar komputer pada mata dan sedikit tips menghindari ketegangan mata di depan komputer dari Tekhnik Blogging,Semoga bermanfaat.