Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Yang Muda Yang Kaya - Basuki Surodjo

Daftar Isi [Buka]
Judul buku: Yang Muda Yang Kaya
Penulis: Basuki Surodjo

Yang Muda Yang Kaya - Basuki Surodjo

Ini adalah buku yang menceritakan bagaimana menjadi seorang pengusaha untuk para pemuda-pemudi yang masih baru berkecimpung dan masih belum memiliki banyak pengalaman tentang berbisnis dan menjadi pengusaha.

Buku ini berisi tentang cara menjadi pengusaha, membangun fondasi agar kita bisa menjadi pengusaha, dan juga berisi quotes quotes kesukaan dari penulis yang bisa membuat kita termotivasi.
Sebelum lanjut kayaknya bagus kalau Aku sisipin satu quotes ya.

"Anda tidak mungkin mengubah kehidupan Anda sebelum mengubah apa yang Anda pikirkan dan lakukan setiap hari. Imajinasikan dan visualisasikan apa yang ingin Anda capai sampai seakan-akan nyata di pikiran Anda dan yakin Anda mampu meraihnya" Cobaz.

Oke jadi menurut buku ini ada poin kenapa kamu harus menjadi pengusaha salah satunya adalah karena pengusaha tidak memiliki jam kerja. Disini juga dijelaskan perbedaan antara busyness dan juga business.

Singkatnya, busyness adalah sok sibuk haha. Misalnya Kamu membuka usaha kliner masakan khas Sunda. Katakanlah Anda buka menyewa sebuah bangunan yang didesain jadi resto sederhana namun dari mulai menyambut, melayani, menyajkan makanan, menerima uang, dan mengembalikannya Anda urus seorang diri.

Tanpa ada bantuan orang lain. Sudah begitu sebelum pulang Anda harus menghitung pemasukan hari itu. Aduh repot pokoknya ketika semua pekerjaan kita yang lakukan. Itulah busyness alias sok sibuk.

4 fondasi sebelum membuat bisnis:
- Apakah bisnis ini cocok untuk Anda?
- Apakah Anda harus bertahan walau bisnis tersebut masih belum mendatangkan untung?
- Kapan Anda harus berpindah ke bisnis yang lain jika bisnis yang sudah dijalanai belum menghasilkan?
- Bagaimana bekerja untuk bisnis Anda?

3 Fondasi bisnis ala Cobaz
- Talent
- Luck
- Workhard

Build your team
Karyawan adalah bagian penting dalam sebuah bisnis. Mendapatkan karyawan yang bagus akan jadi nilai plus buat perusahaan. Tentu jauh lebih bagus lagi, ketika kita bisa mengorbitkan orang yang biasa-biasa saja secara skill. Tetapi jadi berprestasi berkat kita rekrut.

Tips memilih karyawan:
1. Cari orang yang jujur, bukan kualitas.
2. Libatkan orang terbaik
3. Jangan takut rekrut karyawan
4. Jangan menagih

Empat Karakter Ideal Karyawan:
1. Integritas
2. Punya Ide atau Gagasan Baru
3. Proaktif
4. Kerja sama building team