Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Transportasi Online Solusi Masalah Di Era Perubahan - Muslich Zainal Asiki Nurindra Resmana

Daftar Isi [Buka]
Judul Buku: Transportasi Online Solusi  Masalah Di Era Perubahan
Penulis: Muslich Zainal Asiki Nurindra Resmana

Transportasi Online Solusi  Masalah Di Era Perubahan - Muslich Zainal Asiki Nurindra Resmana

Buku ini menerangkan bahwa dunia transportasi di indonesia digegerkan oleh hadirnya skema baru dalam bertansportasi, yaitu adanya platform taksi online dan ojek online yang menuai pro dan kontra dari berbagai stakeholders termasuk pemerintah.   

Rangkaian diskusi dan negosiasi panjang antara pemilik usaha angkutan umum baik yang online maupun reguler, regulator,akademisi, serta perwakilan konsumen atau penumpang telah dilaksanakan guna mencapai suatu kesepakatan mengenai pengaturan layanan platform online.

Disamping kesibukan  tersebut  kita terlupa bahwa permasalahan transportasi  lainya seperti: kemacetan,polusi,dan kelangkaan energi terus berjalan dan menandakan ketidakpedulian kita terhadap isu isu nyata tersebut.

Munculnya layanan transportasi online ditanggapi sebagai sesuatu yang harus diregulasi dengan rumit, karena dianggap dapat mematikan industri angkutan umum yang telah lama eksis. Padahal, gagasan layanan angkutan dengan platform online lahir untuk membantu memudahkan dan menurunkan biaya transportasi.

Inovasi di bidang teknologi informasi dan komunikasi seharusnya dipandang sebagai suatu solusi yang dapat ditangani dengan cara konvensional. Kasus perseteruan online dengan non-online mengemukan ketika korporasi yang berusaha dalam transportasi yang telah mapan terguncang dengan moda transportasi darat online.

Persaingan tidak sehat adalah secara sederhana adalah penguasaan atas pasar dan distribusi barang dan jasa, Betulkah transportasi online telah memonopoli bisnis tranportasi secara tidak fair di dalam ikut masuk bisnis transportasi.

Dalam perkembangan inovasi teknologi juga sering mendapat penolakan atau resistensi dari masyarakat diberbagai tempat didunia.

Mengapa manusia atau masyarakat cenderung menolak hadirnya teknologi baru di lingkungan mereka, dengan melakukan penelitian terhadap kasus kontroversi teknologi yang telah terjadi sejak 600 tahun yang lalu, jawabanya adalah masyarakat cenderung menolak hadirnya teknologi baru ketika teknologi tersebut dapat mensubtitusi kemanhsiaan.

Fenomena yang sering terjadi di indonesia tatkala penumpang  penumpang yang baru saja turun dari bandara atau stasiun kereta keluar dari pintu exit dan memilih untuk menggunakan angkutan umum menuju destinasi berikutnya,  Mengapa demikian?? Jawabanya adalah kurang dari layak atau mungkin tidak layak. Karena taksi berplat hitam maupun plat kuning memberikan harga yang sangat mahal.