Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Transformasi Ekonomi Berbasis Digital di Indonesia - Prof. Dr. Sri Adiningsih

Daftar Isi [Buka]
Judul Buku : Transformasi Ekonomi Berbasis Digital di Indonesia
Penulis : Prof. Dr. Sri Adiningsih

Transformasi Ekonomi Berbasis Digital di Indonesia - Prof. Dr. Sri Adiningsih

Secara keseluruhan revolusi industry pertama hingga keempat membawa banyak perubahan, kemajuan, dan kesejahteraan bagi masyarakat secara cepat menagkap potensi dan peluang, tetapi ada juga yang lamban.

Hingga saat ini terdapat negara atau masyrakat yang masih berada di lingkup revolusi industry 3.0 atau bahkan revolusi industry 1.0, sehingga potensi dan manfaat dari era revolusi industry 4.0 belum dapat dikembangkan dan dinikmati secara merata.

Hal tersebut secara langsung memunculkan kesenjangan dalam masyarakat/society, mulai dari society 1.0(masyarakat yang masih berada pada era terbaru) hingga society 5.0(super smart society).

Kehadiran teknologi disruptif dalamindustri 4.0 mengubah pola kehidupan, misalnya pola bisnis. Pelaku usaha/bisnis harus berubah dan menyesuaikan bisnisnya. Tidak sedikit perusahaan yang menghadapi kesulitan atau mati karena menjadi korban perubahan.

Perusahaan travel agent, misalnya, banyak ditinggalkan karena masyarakat saat ini lebih memilih untuk membeli tiket pesawat melalui aplikasi online karena lebih cepat dan efektif

Bank konvensional yang tidak mengubah pelayanan akan kalah bersaing dengan fintech. Dengan fintech masyarakat dapat mengambil kredit / pinjaman melalui fintech, masyarakat dapat mengambil kredit/pinjaman melalui fintech P2P lending dengan persyarata yang jauh lebih mudah dan cepat.

Demikian pula perusahaan jasa ekspedisi konvensional yang bisa kalah bersaing startup delivery atau jasa pengiriman yang sudah menerapkan teknologi drone/disruptive technology.

Ekonomi berbasis digital di Indonesia mulai berkembang pesat sejak 2015 dengan ditandai oleh kemunculan startup transportasi online ,seperti gojek dan grab , serta startup finansial teknologi seperti Paymu,Payfazz, Panen.id, berkembangnya ekonomi berbasis digital juga didukung beberapa factor seperti elektrifikasi Indonesia sudah mencapai 99,98%