Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

The Book of Ikigai - Ken Mogi

Daftar Isi [Buka]
Judul Buku: The Book of Ikigai
Penulis: Ken Mogi

The Book of Ikigai - Ken Mogi

Ikigai, filosofi hidup dari Jepang, akan memberikan pembacabya motivasi, semangat, gairah, dan tujuan untuk menjalani hidup. Melalui berbagai kisah inspiratif, Ken Mogi, seorang brain scientist, menunjukkan keajaiban ikigai dalam hidup manusia.

Ikigai adalah tentang menemukan, menjelaskan, dan menghargai kesenangan-kesenangan hidup yang memiliki arti bagi pembaca. Konsep dan falsafah ini sepintas tampak sederhana, tapi bisa memberi perubahan besar dalam hidup seseorang.

Ken Mogi mengidentifikasi lima pilar utama untuk ikigai:

Pillar 1: Starting small
Pillar 2: Releasing yourself
Pillar 3:Harmony and sustainability
Pillar 4:The joy of little things
Pillar 5:Being in the here and now
Page vii

Ikigai adalah istilah Jepang untuk menjelaskan kesenangan dan makna kehidupan. Kata itu secara harfiah meliputi "iki" (untuk hidup) dan "gai" (alasan).

Dalam bahasa Jepang, ikigai digunakan dalam berbagai konteks, dan dapat diterapkan pada hal-hal kecil di keseharian selain target-target dan prestasi-prestasi besar. Itu adalah sebuah istilah umum yg digunakan orang-orang dalam keseharian hidup secara luwes, tanpa menyadari akan artinya yg istimewa.

Apa sih yang membuat seseorang bisa betah dan bertahan pada satu profesi selama puluhan tahun? Bagaimana seseorang bisa sukses dengan menggeluti satu bidang saja? Pertanyaan ini mungkin pernah terbesit di pikiran kita saat melihat orang-orang di sekitar kita yang begitu berdedikasi pada pekerjaannya.

Bisa jadi, disadari atau tidak, orang-orang yang berdedikasi tinggi tersebut mengikuti filosofi hidup ikigai. Melalui The Book of Ikigai kita akan memahami konsep ikigai dengan lebih dalam. Juga ada contoh sosok-sosok luar biasa yang telah menerapkan ikigai dalam hidupnya.

The Book of Ikigai memberi kita wawasan yang lebih luas dan dalam soal makna hidup. Ada cara-cara yang bisa diikuti untuk membuat hidup terasa lebih berharga. Ada langkah-langkah hingga motivasi yang bisa kita jadikan pegangan dalam bekerja dan menjadikan hidup lebih berarti. Setelah membaca buku ini, kita akan kembali tergerak untuk melakukan sesuatu untuk perubahan yang lebih baik di hidup ini.