Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

The Book Of IKIGAI - Ken Mogi. Ph, D

Daftar Isi [Buka]
Judul Buku: The Book Of IKIGAI
Penulis: Ken Mogi. Ph, D
The Book Of IKIGAI - Ken Mogi. Ph, D

Buku ini ditulis oleh dua orang penulis, dan  dipersembahkan penulisnya, Hector Garcia:  “Untuk saudaraku, Aitor, yang paling sering mengatakan kepadaku dibandingkan orang lain, ‘Saya tidak tahu apa yang harus dilakukan pada hidup saya.”

Dan juga dipersembahkan Francesc Miralles: “Untuk semua masa lalu, masa kini, dan masa depan saya karena telah menjadi rumah dan motivasi saya sepanjang jalan.”

Sangat menyenangkan bisa membaca buku ini. Saya baru tahu, bahwa perfektur  Okinawa ternyata memiliki angka harapan hidup yang tinggi.

“Menurut organisani Kesehatan Dunia (World Health Organization), Jepang memiliki tingkat harapan hidup yang tinggi bila dibanding negara lain, 85 tahun untuk pria dan 87,3 tahun untuk wanita. Selain itu, Jepang juga memiliki rasio centenarian tertinggi di dunia, lebih dari 520 untuk setiap juta orang (per September 2016). (halaman 135)

Ikigai berasal dari konsep Jepang, yang bisa diterjemahkan kira-kira sebagi “Berbahagia dengan tetap menyibukkan diri. Ikigai kita berbeda satu sama lain. Namun, satu hal yang sama adalah bahwa kita semua mencari makna.

Buku ini membahas aturan Ikigai diantaranya sebagai berikut:

Terus aktif, jangan pensiun

Perlahan saja

Jangan penuhi perutmu

Kelilingi dirimu dengan teman baik

Bugar untuk ulang tahunmu yang akan datang

Senyumlah

Berhubungan kembali dengan alam

Bersyukurlah

Hiduplah pada saat ini

Ikuti Ikigai-mu