Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Start With Why - Simon Sinek

Daftar Isi [Buka]
Judul Buku: Start With Why
Penulis: Simon Sinek

Start With Why - Simon Sinek

Manipulasi, Harga, Promosi, Rasa takut, aspirasi, tekanan kelompok, kebaruan alias inovasi. Inilah strategi yang dilakukan perusahaan atau organisasi bisnis untuk memenangkan kompetensi. Masalahnya adalah tidak akan baik untuk jangka pendek melainkan hanya untuk tujuan jangka pendek.

Bahaya dari manipulasi ini adalah karena strategi ini ampuh. Dan karena ampuh, manipulasi telah menjadi norma, dipraktikkan oleh sebagian besar perusahaan dan organisasi, terlepas dari besar-kecil atau jenis industrinya.

Kenyataan ini saja sudah menciptakan tekanan rekan-sebaya yang bersifat sistemik. Ironinya oleh sistem kita sendiri. Bersam setiap penurunan harga, promosi, pesan yang berbasis rasa takut atau aspirasi, dan kebaruan, yang kita gunakan untuk mencapai tujuan kita, kita menemukan perusahaan, organisasi, dan sistem kita semakin melemah.

LINGKARAN EMAS
MENGAPA
BAGAIMANA
APA

Orang tidak membeli APA yang kita lakukan, mereka membeli MENGAPA kita melakukannya.
Perusahaan beursaha menjual APA yang mereka lakukan, tetapi kita membeli mengapa mereka melakukannya.

MENgapa satu-satunya cara untuk mempertahankan suskes yang langgeng dan memilih perpaduan yang hebat antara inovasi dan kelenturan.

Henry ford meringkasnya dengan sangat baik: “Jika aku bertanya kepada orang-orang tentang apa yang mereka inginkan, “ katanya, “ mereka akan menjawab kuda yang lebih cepat.”

Semakin kejelasan, disiplin, dan konsistensi

MENGAPA pasti SUKSES.
jika tidak tahu MENGAPA,

kita tidak bisa tahu BAGAIMANA.
BILA KITA MENGIKUTI MENGAPA KITA, ORANG LAIN AKAN MENGIKUTI KITA SEBAB KAMU PEMIMPIN MENGAPA (CEO MENGAPA).

PENGGERAKNYA ADALAH BAGAIMANA, DAN APA.