Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sprint - Jake Knapp

Daftar Isi [Buka]
Buku: Sprint
Penulis: Jake Knapp
Sprint - Jake Knapp

Buku ini ditulis oleh mantan design partner google ventures  yaitu jake knapp, di dalam buku ini mengajak para pembacanya untuk merasakan pengalaman metode yang telah mendunia, antara lain:

*  Mewujudkan pengeksekusian ide besar hanya dalam 5 hari

* Menuntun tim anda dengan deretan checklist lengkap mulai dari senin sampai jum'at

 * Menjawab segala pertanyaan penting yang sering kali hanya disimpan di benak mereka yang sedang menguji ide/konsep/produk

* Membantu anda lebih menikmati proses


Dengan keberuntungan, anda bisa memilih pekerjaan karena visi yang tajam. Berbagi visi tersebut kepada dunia, yang berupa pesan,layanan,maupun pengalaman. Namun mewujudkan visi ini tak mudah seperti membalikan telapak tangan, gampang sekali terjebak dalam berbagai hal seperti:

Menerima surat elektronik/email yang terus menerus tiada habisnya, rapat seharian yang menyita waktu, dan proyek jangka panjang yang hanya berdasarkan asumsu.


Buku sprint ini menawarkan jalur untuk memecahkan masalah masalah besar, menguji ide-ide baru, menyelesaikan lebih banyak hal, dan melakukan semuanya dengan cepat.

Jika anda memulai sebuah proyek yang akan berlangsung selama berbulan bulan atau bahkan bertahun-tahun,sprint bisa menjadi langkah pertama yang sempurna namun sprint tidak hanya untuk proyek jangka panjang. Berikut ini adalah 3 situasi menantang ketika sprint bisa membantu:

1. Taruhan Besar
2. Waktu Yang Mepet
3. Ide Yang Pampat

Jadi, masalah besar itu sebenarnya seberapa besar?  Tentu saja, sprint sangat sesuai untuk situs web dan tantangan piranti lunak lainya. Namun, bagaimana jika anda dihadapkan pada masalah yang sangat rumit dan besar?  Jawabanya adalah dengan pecahkan dulu permukaanya lalu perlahan demi perlahan semua masalah rumit dan besar akan terpecahkan.

Mengambil  keputusan harus dilibatkan di dalam sprint. Jika anda adalah sang pengambil keptusan, kosongkan jadwal anda dan berpartisipasilah. Jika bukan, anda harus meyakinkan pengambil keputusan untuk ikut itu. Ya mungkin terasa gugup bagaimanapun ini adalah komitmen besar untuk sebuah proses yang baru. Jika pengambil keputusan merasa enggan terlibat, coba gunakan tips ini:

~ Progres Yang Cepat

~ Ini Adalah Eksperimen

~ Jelaskan Pertukaranya

~ Fokus Yang Utama.

Untuk menerapkan sprint rekrut tim beranggotakan 7 orang atau kurang dengan pilihan variasi seperti:

1. Pengambil keputusan

2. Ahli Keuangan

3. Ahli Pemasaran

4. Ahli Konsumen

5. Ahli Teknologi

6. Ahli Logistik

7. Ahli Desain.