Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Six Thinking Hats - Edward De Bono

Daftar Isi [Buka]
Judul buku: Six Thinking Hats
Penulis: Edward De Bono

Six Thinking Hats - Edward De Bono

Ini adalah buku yang mengajarkan cara efektif dalam melaksanakan rapat, dengan menggunakan metode-metode yang disampaikan oleh buku ini maka kita bisa mendapatkan banyak informasi dan juga kita dapat mengambil keputusan yang tepat dengan sangat cepat.

Jadi di dalam buku ini ada enam topi berwarna, setiap topi memiliki warna dan fungsinya masing-masing:

Topi Putih
Topi Putih adalah topi data, dapat berupa angka atau informasi. Bisa berupa fakta yang akurat atau fakta yang belum di konfirmasi, namun topi putih tidak berisi opini atau pendapat.

Topi Merah
Topi Merah adalah topi perasaan, bagaimana perasaan kita terhadap sesuatu. Kita membutuhkan jawaban atas suatu pertanyaan menggunakan perasaan karena intuisi tidak selamanya benar, oleh karena itu kita harus mengetahui bagaimana perasaan-perasaan mereka terhadap suatu hal. Dalam memberikan jawaban, haruslah memuat perasaan kita, bisa itu rasa marah, sedih, senang dan lain sebagainya.

Topi Hitam
Topi Hitam adalah topi tentang kritis. Jadi dalam penggunaannya kita akan membicarakan tentang resiko, masalah yang akan ditemui, dan lain sebagainya. Didalam sesi ini kita akan membicarakan tentang banyak hal negatif dan juga kita akan mendapatkan banyak kritikan. Tujuan dari menggunakan topi ini adalah untuk melindungi kita dari tindakan yang hanya membuang-buang waktu dan energi kita.

Topi Kuning
Topi Kuning adalah topi tentang optimisme. Pemikiran tentang topi kuning bersifat positif dan konstruktif. Pemikiran topi kuning kemcakup spektrum positif, memeriksa dan menyelidiki nilan dan manfaat. Jadi dalam penggunaannya kita akan mencari banyak "nilai". Topi kuning tidak seperti topi merah yang hanya sekedar positif dan juga berbeda dari topi hitam yang membicarakan tentang resiko, di topi kuning kita membicarkaan tentang kesempatan, manfaat dan juga rasa optimisme.

Topi Hijau
Topi Hijau adalah topi kreatif. Nilai dari topi hijau adalah bahwa waktu khusus diberikan pada semua orang untuk melakukan upaya kreatif. Kreativitas tidak lagi hanya urusan "pencetus gagasan" sementara semua orang lain duduk mengitari serata menunggu untuk mengkritik suatu gagasan. Selama menggunakan topi hijau, diharapkan semua orang berpikir kreatif atau melakukan upaya kreatif, kalau tidak lebih baik diam.

Topi Biru
Topi Biru adalah topi pengendalian atau perencaan. Disini kita akan lebih banyak bicara tentang suatu rencana,topi biru juga berfungsi untuk menjaga ketertiban dan memastikan agenda rapat dipatuhi. Topi terakhir ini dapat membantu kita dalam mengambil keputusan.

Manfaat metode enam topi
Dalam praktiknya, penggunaan enam topi adalah bahwa keputusan-keputusan tampaknya didapat dengan sendirinya. Ketika Anda tiba di topi biru terkahir, keputusan sering kali menjadi jelas bagisemua orang yang hadir. Hal ini kelihatannya sulit dipercaya secara teori, tapi sangat sering terjadi dalam pelaksanaannya.