Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sila Ke-6 : Kreatif Sampai Mati - Wahyu Aditya

Daftar Isi [Buka]
Judul Buku: Sila Ke-6 : Kreatif Sampai Mati
Penulis: Wahyu Aditya

Sila Ke-6 : Kreatif Sampai Mati - Wahyu Aditya

Ketika kita kecil, dunia adalah tempat bermain yang sangat luas. Segala sesuatu yang kita inginkan, dengan mudah terealisasi karena kita punya senjata yang sangat ampuh yaitu: imajinasi.

Setelah beranjak dewasa, semakin banyak peraturan yang mengekang imajinasi kita. Dan, rasa takut malah mengalahkan ide-ide yang berdesakan keluar. Tapi, kita sesungguhnya masih punya satu lagi senjata pamungkas yaitu: kreativitas.

Konsep buku ini cukup unik. Menggunakan frasa Sila yang mem-provokasi kita (Indonesia) menambahkan sila ke-6 (tidak/belum resmi) kedalam keseharian. Sila ke-6: Kreatif Sampai Mati!. Memang benar. Makin kesini, kreatif seperti hanya milik mereka para pekerja seni.

Yang pandai melukis, menyanyi dan menggambar. Tetapi tanggapan itu tidak benar jelas itu salah. Semua anak bangsa punya hak yang sama untuk kreatif. Layaknya tulisan-tulisan tentang sila. Buku ini memakai istilah butir-butir. Keren. Total ada 17 Butir penjelasan pengamalan kreativitas yang terangkum rapi dalam 300-an halaman dan semuanya diluar ekspektasi.

Semua orang pastinya setuju kalau sebenarnya kreatif itu harus di masifkan di segala lini agar bangsa ini bisa melaju pesat mengejar ketertinggalan dari negara-negara yang sudah jauh lebih dulu kreatif.
Buku ini berhasil membuka ‘mata’ Indonesia bahwa ada potensi besar di industri kreatif sebagai penopang baru ekonomi Indonesia di masa depan.

Hellomotion Academy yang sampai sekarang masih konsisten mencetak animator-animator handal. HelloFest yang juga tetap konsisten mengadakan acara besar soal animasi dan turunannya.

Ya. Optimis kuncinya. Menjadi kreatif itu sebetulnya mudah asal mau berubah. Mau melawan diri sendiri (dijelaskan di Butir 12: Hadapi si Otak Kadal). Mau memaksimalkan keterbatasan

(ada di Butir 7: Rangkul Keterbatasan).

Kreatif itu berbeda, Kreatif itu membalikkan cara pandang, Kreatif itu butuh niat kuat.