Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Reach Your Dreams - Wirda Mansur

Daftar Isi [Buka]
Judul buku: Reach Your Dreams
Penulis: Wirda Mansur

Reach Your Dreams - Wirda Mansur

Pemilik nama lengkap Wirda Salamah Ulya ini adalah putri sulung Ustadz Yusuf Mansur dan Siti Maemunah. Gadis cantik berusia lima belas tahun ini lahir pada tanggal 29 November 2001.  Di usia yang masih sangat belia, Wirda sudah hafal Al-Qur’an 30 Juzz.

Sosoknya menjadi inspiratif bagi semua orang, terutama anak-anak yang ingin bisa menjadi hafidzoh. Pada akhir tahun 2015 Wirda terpilih sebagai duta Qur’an dan berkesempatan mempelajari dan menyiarkan Al-Qur’an di Amerika Serikat.

Sosoknya yang cantik, pintar, solehah, dan memiliki suara yang sangat merdu saat melantunkan ayat suci Al-Qur’an dan segudang prestasi lainnya, membuat Wirda memiliki banyak penggemar. Seperti yang terlihat di akun instagramnya. Wirda  memiliki ribuan followers  bahkan kehadiran buku ini pun merupakan buku yang dirunggu-tunggu oleh pengemarnya.

Buku ini berkisah tentang perjalanan dan perjuangan Wirda dalam meraih cita-citanya yaitu saat Wirda berkesempatan mengenyam pendidikan di negeri Paman Sam.

Di usia yang masih belia, Wirda telah meninggalkan zona nyamannya. Meninggalkan keluarga tercinta, meninggalkan orang-orang yang disayanginya. Kisah-kisahnya mengarungi hidup di New York, Washinton DC, dan kota-kota di dunia membuat siapa pun yang membaca buku ini terpana.   Subhanallah…kekuasaan Allah ketika seorang hamba begitu mencintai Al-Qur’an maka segalanya dilapangkan. 

Melalui buku ini Wirda berbagi semangat kepada pembaca untuk selalu percaya bahwa akan selalu ada jalan untuk impian, bahwa jalan impian tidak harus selalu mahal. Bahkan bisa gratis. Prinsip Wirda yang tertuang dalam buku ini adalah raihlah dunia lewat Al-Qur’an.

Di bagian awal buku ini, pembaca dibuat tersenyum-senyum dengan celoteh Wirda.  Kisahnya saat tertinggal pesawat  di bandara Jeddah ketika perjalanan dari New York menuju Indonesia. Membayangkan gadis kecil yang tertinggal seorang diri di negeri orang, membuat pembaca seolah ditunjukkan oleh kebesaran Allah SWT dengan keajaiban dan kemudahan yang didapat Wirda hingga Wirda dapat melanjutkan perjalanan kembali ke Indonesia.

Bagian selanjutnya Wirda seolah memberikan motivasi tentang cara untuk mengejar impian (reach your dreams). Catatan keren Wirda tentang mimpi-mimpinya di masa depan ketika dia bercita-cita ingin mengelilingi dunia, ingin memiliki universitas dan sekolah khusus Al-Qur’an bertaraf internasional, semua tertuang dan ia tuliskan dalam buku pribadinya yang berjudul “It’s All My Dreams”. Tips Wirda cukup menginspirasi pembaca untuk berjuang meraih cita-cita.

Menuliskan mimpi-mimpi kita kemudian memintanya kepada Allah SWT. Bahasa yang disampaikan Wirda tentang kekuatan dan kekuasaan Allah teramat menyentuh. Ketika seorang hamba meminta maka Allah akan memberikan yang terbaik untuk hambaNya tentu saja disertai dengan ikhtiar dan usaha.

Cerita tentang pengalamannya  saat bersekolah di New York pun membuat pembaca lagi-lagi tersenyum. Keluguan Wirda ketika menyampaikan cerita betapa dia sangat tidak suka pada pelajaran Matematika membuat pembaca tersadar bahwa tidak ada manusia yang sempurna. Setiap orang memiliki kelebihan dan kekurangan. Tinggal menggali potensi yang dimiliki.

Gaya bahasa yang santai, kocak  konyol, dan remaja banget membuat pembaca rasanya enggan beranjak dari setiap halaman buku ini. Kisah-kisah inspiratif yang Wirda tuangkan seperti dalam menulis buku harian, membuat pembaca merasakan apa yang dirasakan dari setiap kisah Wirda.

Buku setebal 203 halaman ini dilengkapi dengan catatan-catatan keren yang berisi motivasi dan semangat dari Wirda. Kertas pink untuk beberapa catatan penting menambah daya tarik penampilan buku ini. Terkesan remaja banget dilengkapi dengan animasi dan kartun yang membuat pembaca terkesima dengan pola pikir Wirda dalam bukunya.

Bahasan mengenai alasan untuk bersyukur dan bersyukur terus, Kurcaci di antara kerumunan jerapah, Advais dari Allah, Qumii, I’m The Chosen One, Sometimes, Is It Ok To Like Someone,  Zikir, My Birthday, Keluarga Tak Akan Pernah Tergantikan, When Someone Hates You, How To Be A Good Teeneger, Raihlah Dunia Lewat Al-Qur’an, Syifa My Bestie, OMG Look At The Window, What Is Happines, Belajar Dari Kesabaran, dan It’s Time to Wake Up adalah hal-hal yang Wirda ceritakan dalam buku ini. Lewat curahan hatinya pembaca digiring untuk memaknai kehidupan dengan lebih baik tanpa terkesan menggurui.

Meskipun secara keseluruhan buku ini cukup menyentuh dan inspiratif, namun ada bagian cerita yang rasanya ingin lebih detail diketahui pembaca yaitu bagian tentang tips atau cara menghafal Al-Qur'an yang lebih mudah terutama bagi para pemula. Nah, bagian ini belum disampaikan Wirda dengan rinci. Mudah-mudahan di bukunya yang akan datang, Wirda menghadirkan buku dengan pembahasan khusus tentang tips atau cara jitu menghafal Al-Qur'an.