Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Nabung Saham Sekarang - Ellen May

Daftar Isi [Buka]
Judul Buku: Nabung Saham Sekarang
Penulis : Ellen May

Nabung Saham Sekarang - Ellen May

Tentang Bermain Saham

Isitlah “bermain saham” ini kelihatannya sepele, namun dampaknya luar akan luar biasa. Mengapa demikian? Karena setiap istilah yang kita gunakan mengandung pola pikir yang akan menjadi kemudi setiap tindakan yang kita lakukan.

Jadi, sebelum berpikir untuk melangkah lebih jauh kita perlu membenahi pola pikir kita lebih dahulu supaya tindakan kita dan hasilnya menjadi terarah dengan baik dan maksimal.

(Sebenarnya ada 10) 4 prinsip penting investasi saham ala warren buffet:

1. Beli bisnis, bukan beli saham
Saat kita membeli sebuah saham sebuah perusahaan, maka kita telah menjadi salah satu seorang pemilik perusahaan tersebut. Pola pikir inilah yang selalu ditekankan buffet dalam setiap kegiatan investasinya. Pola [ikir ini bertolak belakang dengan pola pikir trader.

2. Beli bisnis yang mudah kita pahami
“ jangan berinvestasi pada bisnis yang kita tidak mengerti :. Ini adalah nasihat buffet yang sangat popular. Apa artinya? Artinya, belilah saham perusahaan yang memang kita pahami cara kerjanya. Misalnya, jika kita tidak mengerti cara kerja perusahaan disektor pertambangan atau industry jasa, atau teknologi, kita tidak perlu membelinya

3. Jangan tergiur saham murah
Harga dan nilai adalah hal yang berbeda. Jangan membeli sesuatu hanya karena harganya murah. Apa yang membedakan antara harga dengan nilai?

Harga adalah angka yang kita lihat dan transaksikan. Nilai adalah perbandingan antara harga saham dan kemampuan perusahaan tersebut menghasilkan laba.

4. Beli saham untuk jangka panjang
Menurut warren buffet salah satu cara terbaik untuk berinvestasi adalah membeli saham dengan tujuan menyimpannya untuk selamanya. Warren buffet menyarankan untuk mencari bisnis yang menjual produk atau jasa yang:

1. Dibbutuhkan atau ducari orang
2. Sulit digantikan dengan produk atau jasa yang lain
3. Tidak dibatasi regulasi pemerintah yang ketat.

Dengan terpenuhinnya 3 faktor diatas, perusahaan memiliki fleksibilitas atas harga produk dan jasanya. Hal ini dapat membuat perusahaan itu memiliki margin laba yang lebih tinggi.