Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Muda Berdaya Karya Raya - Fahd Pahdepie

Daftar Isi [Buka]
Judul Buku : Muda Berdaya Karya Raya
Penulis : Fahd Pahdepie

Muda Berdaya Karya Raya - Fahd Pahdepie

Barangkalai kita tak selalu bisa jadi pemenang dalam setiap kompetisi,mungkin bukan yang terbaik dibandingkan orang lain. Namun, kita selalu bisa jadi juara untuk diri kita sendiri, jika melakukan yang terbaik sejauh yang kita mampu.

Katakan kepada diri sendiri bahwa kita bisa dan harus menjadi yang terbaik. “Whataver you are, be a good one.” kata William Thackeray

Thackeray dikenal karena novel satirnya berjudul Vanity Fair (1847). Meskipun kalimat “Whatever you are, be a good one” seringkali disalahpahami sebagai kalimat milik Abraham Lincoln, sesungguhnya ia berasal dari otobiografi yang ditulis Launce Hutton– editor majalah Vanity Fair (sekarang Vanity Fair memang menjadi nama sebuah majalah terkenal, kan?).

Ditulis Hutton, semasa kecil ia bertemu dengan Thackeray dan meminta sebuah nasihat tentang hal yang ia lakukan jika kelak dewasa. Saat itulah Thackeray meletakkan tangannya di kepala Hutton sambil berkata “Whatever you are, be a good one”, jadi apa pun kamu nanti, cobalah untuk menjadi yang terbaik. Belakangan ini, kata try to (cobalah) menghilang dengan sendirinya dari kalimat yang dikutip dimana-mana itu.

Seringkali jalan hidupmu terlihat tak terlalu jelas dan kau menemukan dirimu sendiri berusaha menemukan arah. Perjalananmu untuk menemukan jati diri bukan sekadar menyelesaikan satu etape kehidupan ke etape lainnya, bukan pula tentang pencapaian besar atau prestasi-prestasi luar biasa.

Tetapi tentang benar-benar memperhatikan apa yang sedang kamu kerjakan sekarang, dengan upaya sungguh-sungguh untuk memahami apa yang unik dari dirimu, yang menunjukkan peran dirimu sebenarnya.

Kita semua terlahir ke dunia dengan satu alasan yang tak dimiliki orang lain, kan? Temukanlah alasan itu. Barangkali apa yang kita lakukan tidaklah penting, sebab yang paling penting adalah bagaimana kita melakukannya.

Untuk mencapai kebahagiaan hidup, kita harus fokus pada ‘bagaimana’ menjalani hidup ini merayakan segala hal, baik peristiwa besar atau kecil, dengan sepenuh hati, penuh semangat, di mana pun dan kapan pun.

Jadilah yang terbaik, sejauh yang kamu bisa.