Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Misteri Otak Kanan Manusia - Daniel H. Pink

Daftar Isi [Buka]
Judul Buku: Misteri Otak Kanan Manusia
Penulis: Daniel H. Pink

Misteri Otak Kanan Manusia - Daniel H. Pink

Buku ini sangat menarik perhatian saya karena mambahas tentang misteri otak kanan manusia. Di dalam buku ini diceritakan banyak sekali kegunaan otak kanan dan juga ada enam kecerdasan menurut buku ini: desain, cerita, simponi, empati, permainan, dan juga makna. Masing masing memiliki manfaatnya masing-masing dan kegunaannya masing-masing.

Otak kita bukanlah sesuatu yang dapat bekerja secara bersamaan, ada on off nya, kapan mati dan juga kapan aktif. Otak kanan memiliki fungsi untuk menggerakan bagian tubuh sebelah kiri, jika Anda sering menggunakan/menggerakan bagian tubuh sebelah kiri seperti makan menggunakan tangan kanan dan aktivitas lainnya,

Berarti Anda adalah orang yang dominan menggunakan otak kanan Anda. Berlaku sebaliknya, jika Anda sering menggunakan tangan kanan, untuk makan atau menulis berarti Anda adalah orang yang dominan menggunakan otak kiri Anda.

belahan otak sebelah kiri bersifat berurutan sedangkat otak sebelah kanan bersifat simultan. Jadi otak sebelah kiri biasanya mengingat peristiwa-peristiwa yang unsur unsurnya terjadi secara berurutan dan mengontrol urutan-urutan perilaku. Belahan kiri juga dilibatkan dalam mengontrol perilaku-perilaku serial.

Sebaliknya, belahan otak kanan tidak bergerak dalam pembentukan file tunggal A-B-C-D-E. Bakat khususnya adalah kemampuan untuk menafsirkan sesuatu secara simultan. Sisi otak kita ini mengkhususkan pada melihat benda-benda sekaligus, melihat semua bagian dari bentuk geometris dan memahami bentuknya atau melihat pada semua unsur dari sebuah situasi dan memahami apa artinya.

Sebenarnya Tidak masalah kita pengguna otak kiri atau kanan karena keduannya sama sama bagus dan saling melengkapi seperti tombol yang ada pada mouse computer, ada klik kanan dan juga ada klik kiri, keduanya saling melengkapi.