Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Metamorproses - Fazar Firmansyah

Daftar Isi [Buka]
Judul Buku: METAMORPROSES
Penulis: Fazar Firmansyah

Metamorproses - Fazar Firmansyah

Buku ini menjelaskan mengenai berbagai masalah-masalah dalam hidup terkait berbagai macam kegagalan dan sikap kita dalam menjalaninya. Mengemas berbagai masalah yang sering “diremehkan” itu dengan ringan, namun syarat akan makna.

Tak hanya berputar dengan cara menghadapi keadaan selepas menelan kegagalan, beberapa bab juga membahas tentang bagaimana cara mencegahnya untuk ada. bahwa semua orang pasti ingin sukses di bidangnya masing-masing.

Belakangan, kesuksesan banyak diraih secara instan, bahkan ini tren menjadi pengusaha yang sedang booming. namun, kebanyakan tidak bertahan lama. Padahal, mereka yang bertahan adalah mereka yang merintis usahanya dari nol hingga tumbuh dan berkembang menjadi perusahaan besar.

Kerja keras saja tidak cukup, butuh mental tangguh, pantang menyerah, dan mengikuti passion bukan sekedar ikut-ikutan orang. Seperti Bill Gates, Steve Jobs, Mark Zuckerberg. Mereka adalah pemuda-pemuda drop out dari kampusnya. Tetapi sekarang kita menikmati produk ciptaan mereka.

‌Kegagalan memang pahit, layaknya jamu, tapi bisa menyembuhkan. Dan kesuksesan adalah kegagalan yang bisa diatasi.
Termasuk mengatasi keadaan ketika mendapat PHP

Menikmati proses menjadi orang yang "bermanfaat" (jangan berpikir jadi orang yang dimanfaatkan. dan jangan jadikan diri anda sebagai "korban", karena perilaku seperti ini nantinya menjadikan diri kita menjadi malas untuk maju.

Sebetulnya malas itu banyak ragamnya. Namun yang sering ditemui biasanya malas untuk mencari ilmu dan malas untuk menemukan potensi diri.

Jika kesulitan menemukan potensi diri, maka :
‌1. Tanyalah kelebihan dan kekurangan kita pada orang terdekat
‌2. Sharing dengan orang tua
‌3. Temukan orang yang menginspirasi
‌4. Lakukan yang kita cintai
‌5. Jangan menunda
‌6. Bersyukur, tidak gampang iri dengan setiap keadaan yang kita rasakan saat ini dan bagaimana cara kita merespon, adalah pilihan.

Karena manusia hidup dalam dua zona. Yaitu zona yang bisa dikendalikan, dan zona yang tidak bisa dikendalikan.

- ‌Zona yang bisa dikendalikan, yaitu jika ingin meraih impian, sebisa mungkin harus ikhtiar mengusahakan membuatnya jadi nyata

- ‌Zona yang tidak bisa dikendalikan, yaitu ketika kita tidak bisa memilih jadi anak siapa, atau menolak jika meninggal saat itu juga.

Pada akhirnya, kesuksesan tidak akan mengkhianati kerja keras. Apapun profesi kita saat ini, hasil yang didapat saat ini, tidak pantas dijadikan alasan untuk kemalasan, mencari kambing hitam, menyalahkan keadaan atau putus harapan.

Dan terakhir, ini adalah 5 tips agar bahagia:
‌1. Jangan penakut
‌2. Jauhi dendam
‌3. Berdamai dengan masa lalu
‌4. Hargai orang disekitar kita
‌5. Tetap... bersyukur