Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Menggali pundi-pundi lewat tren sosial media - Astrid Savitri

Daftar Isi [Buka]
Buku: Menggali pundi-pundi lewat tren sosial media
Author: Astrid Savitri

Menggali pundi-pundi lewat tren sosial media - Astrid Savitri


Media sosial sudah menjadi bagian dari semua aspek kehidupan kita. Media sosial juga memungkinkan kita menjalani hidup tanpa harus basa-basi. Dibalik dampak negatifnya media sosial memiliki berbagai manfaat yang sangat membantu seperti membuka peluang karier dan bisnis, edukasi, sebagai tujuan mulia ( galang dana, kegiatan sejahtera sosial, lsm), membangun komunitas, dan menjaga kesehatan mental.

Media sosial sekarang juga sudah menjadi tempat bekerja yang diidamkan bagi banyak generasi Alpha. Beberapa orang percaya bahwa mereka tetap bisa mempertahankan penghasilan utama sambil membuat video yang membutuhkan kreativitas dan ekspresi diri.

Influencer Marketing memanfaatkan influencer yang menggunakan sebuah brand dan bersedia menyampaikan hal tersbut ke semua pengikutnya secara organik(melalui konten,bukan bayar). Influencer Marketing adalah tentang menunjukan otoritas, kredibilitas, dan kepemimpinan pemikiran dalam sebuah bidang. Influencer marketing merujuk pada pemasaran langsung melalui orang -orang berpengaruh yang sudah dikenal banyak orang. Hanya dengan berinteraksi secara positif dan konstruktif pada media sosial seorang influencer, perusahaan bisa mendapatkan akses awal ke para pengikut mereka.

Influencer yang dibutuhkan saat ini:

1. Selebriti
2. Pakar industri dan opinion leader
3. Blogger dan pembuat konten
4. Micro Influencer

Banyak brand menggap micro influencer lebih menguntungkan. karena micro influencer membangun citra positif, dan tidak ingin merusak hubungan dengan penggemarnya hanya karena mempromosikan produk yang kurang bermutu.

Cara memulai sebagai micro influencer:

1. Menjadi diri sendiri
2. Miliki keberanian
3. Bersikap efisien

Menjadi instagram influencer hal pertama yang harus kamu lakukan adalah mencari niche yang sesuai dengan minat dan kepribadianmu. Niche tersebut harus sesuatu yang kamu sukai, sesuatu yang meiliki pengetahuan dan minat di dalamnya.

Bagikan ceritamu sehingga kamu dan follower akan terhubung secara emosional. Posting secara konsisten serta pilih hastag yang tepat. Kamu juga perlu terhubung dengan brand untuk mendapatkan uang. Ada 2 cara untuk mempromosikan diri sebagai influencer : Ubah hobi menjadi karir dan Mampu mempengaruhi.

Banyak orang yang "sukses dadakan' tidak mampu bertahan karena tidak siap menghadapi beban emosional, fisik dan sosial yang diakibatkan oleh kesuksesan tersebut. Berurusan dengan ketenaran instan membutuhkan kecerdasan emosional, kemampuan untuk merespons dengan kedekatan emosional ketika hidupmu menjadi begitu publik. Menjadi terkenal dan sukses seketika mengubah semua dinamika hubungan pribadi.

4 Tahap Popularitas:

1. Cinta atau Benci
2. Kecanduan
3. Penerimaan
4. Adaptasi

Sikap untuk bersikap positif pada ketenaran:

1. Fokuskan perhatian pada hal penting
2. Harapkan kesempurnaan, terima keunggulan
3. Mengambil resiko
4. Menjaga integritas
5. Buat aturan
6. Berikan lebih banyak daripada dapat
7. Ciptakan peluang sendiri
8. Relawan dan jaringan