Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manajemen Pemasaran - Dadang Syafarudin, SE., MM

Daftar Isi [Buka]
Judul Buku: Manajemen Pemasaran
Penulis: Dadang Syafarudin, SE., MM

Manajemen Pemasaran - Dadang Syafarudin, SE., MM

Pemasaran merupakan kegiatan yang berpengaruh besar terhadap keberhasilan suatu perusahaan daman mencapai tujuannya. Manajemen pemasaran yang baik membuat perusahaan bekerja lebih efektif dan efisien, sukses memasarkan produk produknya dengan tepat, pada akhirnya sebuah perusahaan mampu tampil sebagai pemenang dalam persaingan pasar.

Manajemen pemasaran itu sendiri dirumuskan sebagai suatu proses menejemen yang meliputi penganalisaan, perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan terhadap kegiatan pemasaran dalam organisasi.

Terdapat beberapa aspek penting terkait manajemen pemasaran yang perlu di perhatikan, salah satunya adalah strategi pemasaran. Strategi pemasaran merupakan sesuatu yang meliputi seluruh sistem yang berhubungan dengan tujuan untuk merencanakan dan menentukan harga sampai dengan mempromosikan dan mendistribusikan barang dan jasa yang biaa memuaskan kebutuhan pembeli aktual maupun potensial.

Pemasaran merupakan serangakaian prinsip untuk memilih:
1. Pasar sasaran (target market),
2. Memgevaluasi kebutuhan konsumen,
3. Mengembangakan barang dan jasa,
4. Pemuas keinginan,
5. Memberikan nilai kepada konsumen dan laba bagi perusahaan.

Konsep pemasaran dibagi menjadi 3 bagian yaitu kebutuhan, keinginan dan, permintaan. Konsep pemasaran mengatakan bahwa kunci untuk mencapai tujuan organisasi terdiri dari oenentuan kebutuhan dan keinginan pasar.

Dalam buku ini juga di paparkan tentang cara memilih pasar sasaran. Membagi pasar menjadi homogeny hingga relatif mempunyai kebutuhan dan keinginan yang sama. Tujuan ini untuk menghemat biaya, energi, waktu.

Segmentasi Pasar di bagi menjadi beberapa faktor:
a. Segmen geografis
b. Segmentasi demogrfis
c. Segmentasi psikogrfis
d. Segmentasi perilaku
e. Pemasaran massal
f. Pemasaran bervariasi produk
g. Pemasaran sasaran.

Dalam pemasaran kita juga perlu memuaskan pelanggan, jika sebuah produksi banyak tapi tidak di imbangi dengan pemasaran yang baik maka itu akan membuat kerugian. Selain kepuasan pelanggan kita juga perlu saluran distribusi.

Agar barang² produksi bisa sampai pasaran mana saja pasar lokal maupun global. Iyupun mempertimngkan segmentasi pasar. Pemasaran juga perlu teknologi informasi untuk keunggulan kompetitif, dan mningkatkan penjualan pasar. Dan pentingnya kominikasi antara komunikasi pemasaran dan pelanggan.