Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Making Hope Happen - Shane J

Daftar Isi [Buka]
Judul buku: Making Hope Happen

Penulis: Shane J. Lopez, Ph. D.

Summary: ( kekuatan harapan untuk merubah masa depan )
Ketika dalam berharap, terkadang harapan kita itu terkubur begitu saja oleh keadaan, tapi kita harus percaya. Satu titik harapan yang sudah terhapus kita bisa menciptakan titik – titik harapan yang baru lagi.

Sebuah kisah yang membuktikan kekuatan dari sebuah harapan diceritakan di buku ini. Yaitu ketika seorang veteran marinir yang telah mengalami banyak peperangan dan kerasnya hidup, dia sekarang menjadi seorang petani jagung di ladangnya, beberapa hektar dari ladangnya pernah menjadi danau karena banjir tapi dia masih bisa bertahan menghadapi cobaan itu.

Sampai suatu ketika dia didiagnosa oleh dokter bahwa veteran marinir itu mengalami sakit gagal ginjal yang tentunya memerlukan pengobatan di sisa hidupnya. Mendengar hal itu dia tidak terlalu kecewa, tapi ketika di hadapkan dengan keadaan bahwa dia harus melakukan pengobatan dialisis berapa hari seminggu, dia harus berangkat pagi hari dan di sore hari ia harus istirahat, ia langsung down.

Impiannya untuk menjadi petani ladang yang selama ini telah dia kerjakan harus terbengkelai begitu saja. Ia berencana untuk bunuh diri. Satu harapannya terhapus sudah. Lalu dia dihadapkan dengan seorang psikeater, dan dengannya, veteran marinir itu menemukan titik harapan yang baru.

Dia memunculkan harapan baru dan bernegosiasi dengan dokter untuk menunda pengobatan sampai ia selesai panen di ladangnya. Dengan bahagia dia melakukannya dan setelah panen berlalu dengan harga jual yang bagus, ia lalu memeriksakan dirinya ke dokter dan hasilnya tidak terduga. Ginjalnya membaik tanpa adanya pengobatan. Lalu veteran itu bernegosiasi lagi dengan dokter untuk menunda pengobatan sampai ia selesai menggulung jerami.

Dan di sisi lain istrinya yang mendukung veteran itu mempertemukan ia dengan sang ayah, sedikit surprise yang sangat mengharukan itu sudah direncanakan oleh istrinya. Kemudian dia bersama sang ayah bersama – sama menggulung jerami sambil bercerita perihal semua yang veteran itu alami.
Selesai menggulung jerami di ladangnya, veteran itu kembali periksa, dan dokter terkejut lagi, ginjalnya kembali normal. Ya sangat ajaib, dan itulah bukti dari kekuatan sebuah harapan.