Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Make It Happen - Prita HapsariGhozie

Daftar Isi [Buka]
Judul Buku : Make It Happen !
Penulis : Prita HapsariGhozie

Make It Happen - Prita HapsariGhozie

Buku ini berisi tahapan-tahapan perencanaan keuangan kita, baik untuk yang sudah berkeluarga maupun yang belum berkeluarga, supaya kita dapat fokus meraih impian kita yang tentunya membutuhkan dukungan finansial. Buku ini juga berisi booklet “12 Bulan Menuju Make It Happen !” yang berisi financial checklist untuk membantu kita selama 12 bulan melakukan tahapan perencanaan keuangan.

Selain berisi penjelasan, buku ini juga disertai tips, cerita pengalaman dari beberapa orang, juga terdapat semacam isian atau latihan yang bisa menjadi “pemanasan” untuk kita sebelum benar-benar melakukan perencanaan keuangan.

Beberapa hal penting yang saya dapat dari buku ini adalah:

1. Menempatkan KEBUTUHAN di atas KEINGINAN. 
Hal ini sebenarnya sudah sering banget saya dengar, tapi tetep aja berat saat dilaksanakan.

2. Menyepakati waktu khusus bersama suami/istri untuk membicarakan tentang “uang”.
Waktu khusus tersebut tentunya berbeda-beda untuk tiap keluarga. Bisa sebulan sekali, 2 pekan sekali, atau sesuai kesepakatan masing-masing. Yang terpenting, kesepakatan itu harus “dijalankan” bukan hanya “direncanakan”. Selain komunikasi dengan pasangan, komunikasi dengan anak mengenai “uang” ini juga nggak kalah penting jadi anak-anak pun juga harus kita didik soal uang/financial sejak dini.

3. Memperbaiki lagi rencana untuk dana pendidikan, 
Dana pensiun, dana darurat, dana kesehatan, dana liburan, dan "investasi lainnya. Dari buku ini, saya diingatkan lagi tentang perbedaan MENABUNG dengan INVESTASI.

4. Setelah membaca penjelasan mengenai berbagai produk investasi, 
Semua tergantung produk mana yang cocok untuk masing-masing pos kebutuhan. Di buku ini juga menjelaskan kelebihan dan kekurangan masing-masing produk, jangka waktu, serta risiko-risikonya.

Produk yang dijelaskan cukup banyak, yaitu tabungan, deposito, tabungan berjangka, surat utang, saham, emas, property, dan reksa dana.

5. Untuk membenahi portofolio keuangan keluarga. 
Selain dengan memperbaiki gaya hidup agar sesuai dengan keuangan, kita juga harus segera melunasi hutang yang ada jika memang mempunyai hutang agar bisa berfokus melakukan investasi untuk masa depan yang lebih baik.

Sebagai catatan tambahan, berikut adalah Alokasi dana dalam persen terhadap pemasukan yang perlu diingat terutama saat baru gajian, yaitu:

• 2.5% untuk zakat
• Minimal 5% untuk dana darurat dan minimal 5% untuk membayar premi asuransi
• Pengeluaran tiap bulan tidak boleh lebih dari 60%
• Sedikitnya 15% dari penghasilan ditujukan untuk tabungan dan investasi
• Cicilan utang tidak boleh lebih dari 30%.

Untuk yang sudah fasih dengan ilmu financial planning, buku ini bisa menjadi bahan penyegaran dan membangkitkan semangat kita lagi untuk menata keuangan kita.

Sekian resensi dari saya, semoga bermanfat. Terima kasih.