Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Lobi dan Diplomasi Itu Ada Seninya - T.S Arunda

Daftar Isi [Buka]
Judul Buku: Lobi dan Diplomasi Itu Ada Seninya
Penulis: T.S Arunda

Lobi dan Diplomasi Itu Ada Seninya - T.S Arunda

Seni berkata kata dalam berbicara mengutamakan estetika sebagai penunjang peoses komunikasi, untuk mencapai estetika berbicara,seseorang tidak hanya dituntut untuk bisa berbicara lancar tetapi juga harus memiliki kemampuan berbicara memahamkan mempesonakan dan mengesankan.

Kata kata yang ditunjang dengan estetika dalam berbicara dalam berbicara maka seseorang dapat mencapai keinginanya yang telah direncanakan . Dalam berbicara seni berkata kata sangat bermanfaat bagi semua orang dari berbagai macam kalangan yang ingin mencapai keauksesan. Karena, seni berbicara mengajarkan kita bagaimana cara melobi dan bagaimana cara berdiplomasi untuk mendapatkan keuntungan bersama.

Seni berbicara bisa juga diartikan sebagai kesenian untuk berkata kata, yaitu kesenian yang digunakan seseorang untuk penunjang kemampuan komunikasi. Sementara kemampuan itu sendiri merupakan sebuah kecakapan atau keahlian untuk melakukan sesuatu dengan baik dan cermat,  kemampuan untuk menguasai seni berbicara dapat dicapai dengan beberapa macam hal kegiatan antara lain: mempelajari,mempergunakan hukum yang berlaku,dan melakukan latihan secara intens.

Layaknya seorang pembicara yang dituntut untuk bisa menguasai materi dan pengungkapan yang sangat tepat melalui bahasa, sering kali seseorang tidak menyadari pentingnya berkata kata atau berbicara dalam kehidupan. Banyak sekali orang yang gaya bicaranya semaunya dan seenaknya sendiri tanpa memikirkan apa isi dari topik pembicaraanya.

Bahkan seringkali maksud yang disampaikan berbeda dengan yang ditangkap oleh pendengarnya. Maka untuk itu seseorang perlu merubah pemikiran dan kata kata negatif menjadi kata positif dipikiranya.

Sebagian orang menganggap bahwa sesuatu yang buruk atau suatu hal yang merugikan itu sebagai sebuah kesialan  padahal keadaan yang buruk dan merugikan tersebut bisa jadi akibat dari ketidakmampuan berpikir dan lahirnya kata kata negatif.

Penting bagi seseorang yang ingin melakukan lobi atau diplomasi untuk menanamkan pemikiran dan kata kata yang positif yaitu membangkitkan semangat dan menciptakan kesuksesan dalam hidup.

Seni berkata kata merupakan sebuah kemamphan yang memerlukan pembelajaran dan pengalaman . Sementara kemampuan itu sendiri merupakan sebuah kecakapan atau keahlian untuk melakukan sesuatu dengan baik dan cermat. Seni berkata kata sangat dipengaruhi oleh beberapa faktor bahasa verbal yang seharusnya dikuasai oleh pelaku atau orang yang berbicara.

Faktor yang mempengaruhi keefektifkan seni berbicara yang pertama adalah: ketepatan ucapan atau bunyi lalu faktor kedua yaitu penempatan yang sesuai kemudian faktor ketiga adalah pilihan kata atau diksi dan faktor terakhir ialah kalimat efektif.

Dalam pengucapan, volume seorang pembicara yang baik juga harus bisa mengatur volume suara dengat tepat yaitu jangan terlalu lemah atau juga teelalu keras. Hal hal lain yang juga harus diperhatikan seorang  pembicara adalah seperti di bawah ini:


1. Logat


2. Lafal


3. Napas


4. Tempo


5. Penghayatan