Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Komunikasi Persuasif - Ezi hendri, M. Si.

Daftar Isi [Buka]
Judul buku: Komunikasi Persuasif
Penulis: Ezi hendri, M. Si.

Komunikasi Persuasif - Ezi hendri, M. Si.

Komunikasi Persuasif adalah buku yang mengajarkan banyak hal tentang komunikasi persuasif, mulai dari sejarah nya, falsafah, konsep dasar, pengertian, sikap, model komunikasi persuasif, pendekatan komunikasi persuasif, unsur-unsur komunikasi persuasif, cara memahami persuadee, teknik dan juga trategi komunikasi persuasif, dan yang terakhir ada hambatan dan strategi persuasif.

Banyak yang bisa kita dapatkan dari buku ini karena buku ini juga mengambil banyak referensi.
Tujuan komunikasi persuasif, tujuan dari komunikasi persuasif adalah membentuk tanggapan, memperkuat tanggapan, dan mengubah tanggapan. Setidaknya tujuan dari komunikasi persuasif adalah tiga hal tersebut, kita juga bisa menambahkan sesuai kebutuhan.

Strategi Komunikasi Persuasif

Strategi pada hakikatnya adlaah kombinasi proses perencanaan dan manajemen untuk mencapai tujuan. Untuk mencapai tujuan, strategi tidak hanya berfungsi sebagai peta, tetapi harus menunjukan bagaimana taktik operasionalnya.

Empat prinsip strategi komunikasi persuasif:
1. Prinsip Identifikasi: susuan pesan persuasi yang memperlihatkan kepentingan sasaran.
2. Prinsip tindakan: gagasan harus disertai tindakan nyata. Jika hal ini tidak dilakukan, sangat sulit mengubah perilaku orang
3. Prinsip familaritis dan kepercayaan: orang akan menerima pesan persuasi mana kala disampaikan orang yang dipercayainya.
4. Prinsip kejelasan: pesan persuasi harus jelas dan dapat dipahami sasaran.

Strategi Komunikasi Persuasif

1. Strategi Psikodinamika
adalah orientasi teoretis yang menekankan determinan perilaku tanpa disadari. Karena sikap manusia kompleks, terbentuk dari unsur biologis, emosional, dan komponen kognitif, strategi psikodinamika menekankan aspek dari internal seseorang. Strategi ini mengarah pada pemahaman bagaimana karakter persolnal manusia menentukan arah perubahan sikap.

2. Strategi Persuasi Sosiokultular
Adalah perilaku manusia dipengaruhi oleh kekuatan luar diri individu. Perspektif sosiokultular menekankan bahwa individu terpengaruh orang lain baik oleh institusi sosial atau kekuatan sosial dari dunia yang mengelilinginya. Teoretius sosiokultular meyakini manusia mempertimbangkan konteks sosial lebih luas di tempat suatu perilasku muncul.

3. Strategi the Meaning Construction
Pada prinsipnya strategi ini menekankan pada permainan kata. Bahasa sebagai medium penyampai kata-kata persuasi dimodifikasi sedemikian rupa hingga menarik perhatian persuadee. Meski persuadee awalnya tidak tertarik pada isi pesan dan persuader, dengan permainan kata dan makna persuadee akhirnya memperhatikan. Dalam iklan, penggunaan tagline atau slogan merupakan bentuk dari strategi ini.

Tehnik Komunikasi Persuasif.

1. The yes-response.
Tehnik ini bertujuan mengarahkan sikap dan pendapat persuadee melalui serangkaian pernyataan atau pertanyaan yang saling terkait. Pernyataan atau pertanyaan tersebut mengondisikan persuadee untuk menjawab "ya". Setelah jawaban ditentukan, persuader "menagih" jawaban dengan tindakan seusuai harapannya.

2. Appeals to humor
Merupakan teknik yang populer dalam komunikasi. Banyak ahli pidato mengawali pembicaraannya dengan cerita humor. Meskipun humor mungkin tidak dapat mengingatkan pemahaman atau mengubah sikap terhadap suatu topik, umumnya persuadee lebih suka persuader yang menggunakan humor. Ini karena humor dapat membentuk relaksasi abgi persuader maupun persuadee.

3. Teknik tataan
Adalah upaya menyusun pesan komunikasi sedemikian rupa sehingga enak didengar, dilihat, dibaca, agar orang cenderung menguikuti saran pesan tersebut. Teknik ini banyak digunakan dalam periklanan. Pesan iklan disusun sedemikian rupa agar menarik, tujuannya tidak lain untuk memengaruhi khalayak.