Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Grit, Kekuatan Passion Dan Kegigihan - Angela Duckworth

Daftar Isi [Buka]
Judul Buku: Grit, Kekuatan Passion Dan Kegigihan
Penulis: Angela Duckworth

Grit, Kekuatan Passion Dan Kegigihan - Angela Duckworth

Apa yang Saya dapatkan Dan Akan Saya pelajari??

Hallo selamat malam Teman Teman, malam ini Saya membaca buku yang berjudul "Grit, Kekuatan passion Dan kegigihan"

Dalam buku GRIT,  Angela Duckworth menjelaskan bahwa bakat bukanlah kunci seseorang untuk menjadi sukses, melainkan passion dan kegigihan yang membuat seseorang menjadi sukses. Angela Duckworth mengartikan GRIT sebagai paduan dari passion dan perserverance.

Buku ini  menjelaskan bahwa untuk menjadi orang sukses tidaklah mudah, dengan melihat orang yang telah sukses mungkin menimbulkan pemikiran bahwa sukses itu tercipta dikarenakan adanya bakat alami namun jika dilihat dari berbagai sudut pandang, untuk menjadi sukses dibutuhkan kegigihan, ketekunan, kerja keras serta ketabahan. Dalam buku ini terdapat beberapa penelitian yang menjabarkan bakat, kegigihan, kerja keras serta ketabahan yang dilakukan untuk mencapai suatu kesuksesan.

Dalam buku ini terlebih dahulu dijelaskan mengenai kehidupan Angela. Dalam kehidupan Angela, Ayahnya mengganggap bahwa angela dan kakaknya tidak genius dan tidak pernah memperdulikan apa yang dilakukan oleh anak-anaknya. Angela terus berjuang hingga ia mendapatkan penghargaan MacArthur, namun ayahnya masih beranggapan bahwa anaknya tidak genius. Dengan perjalanan yang dilalui oleh Angela, muncullah sebuah gagasan bahwa seseorang berhasil bukan karena orang tersebut genius, melainkan terdapat hal lain yaitu passion dan kegigihan yang dilakukan dalam jangka panjang.

Dalam buku ini terdapat beberapa penelitian yang dilakukan diberbagai tempat. Penelitian dilakukan untuk mengetahui lebih lanjut mengenai tindakan yang dilakukan untuk mencapai suatu kesuksesan. Bakat dan kecerdasan bukanlah kunci untuk mencapai suatu kesuksesan, namun bakat dan kecerdasan merupakan salah suatu elemen untuk mencapai kesuksesan.

Orang-orang yang bertalenta dan cerdas tidak menjamin bahwa kesuksesan ada pada mereka yang cerdas dan bertalenta. Talenta bukanlah suatu takdir ataupun bawaan lahir, melainkan talenta ada karena terdapat usaha, kerja keras, semangat dan kegigihan. Tanpa adanya usaha dan kerja keras yang terus dilakukan talenta akan hilang begitu saja dan tanpa adanya usaha tidak mungkin adanya pencapaian.

Orang-orang yang sangat sukses memiliki semacam tekat kuat yang terwujud dengan dua cara yaitu para panutan ini luar biasa tegar dan bekerja keras serta mereka tahu secara sangat mendalam apa yang mereka inginkan. Mereka tidak saja memiliki tekad kuat, mereka juga memiliki arah.

Tidak mudah untuk terus berusaha setelah mengalami kegagalan. Beberapa orang menjadi hebat saat segala sesuatu berjalan dengan baik, tetapi jatuh saat segala sesuatu tidak berjalan dengan baik. Kombinasi hasrat dan kegigihan inilah yang membuat orang-orang berprestasi tinggi menjadi istimewa serta memiliki ketabahan.

Orang-orang dengan kemampuan luar biasa, menurut Galton menakjubkan karena ketiga hal: mereka menunjukkan kemampuan “luar biasa” yang berpadu dengan “semangat” istimewa dan “kapasitas untuk bekerja keras”. James menegaskan bahwa manusia biasanya hidup jauh melampaui keterbatasannya, ia memiliki berbagai macam kekuatan yang biasanya gagal ia gunakan. Ia menggunakan energi dibawah kemampuan maksimalnya, dan ia berperilaku dibawah kemampuan optimalnya.

Sehingga kesimpulan yang didapatkan dari buku ini yaitu bakat tidak menjamin munculnya prestasi. Seseorang dapat memiliki bakat tanpa adanya kerja keras dan kegigihan, namun bakat yang dimiliki menjadi tidak optimal dan berkembang. Dalam buku ini, Angela Duckworth menghubungkan bagaimana bakat, usaha dan prestasi dapat terjalin secara bersama-sama.

Menurut Angela Duckworth dengan adanya bakat dan upaya maka akan didapatkan keterampilan, dengan adanya keterampilan dan usaha maka akan didapatkan prestasi. Bakat adalah secepat apa keterampilan anda menjadi semakin baik bila anda menginvestasikan upaya sedangkan prestasi adalah apa yang terjadi bila anda membawa keterampilan yang anda peroleh dan menggunakannya

Buku ini disajikan dengan kata a kata Dan Bahas a yang mudah dipahami, Dan yang harus kita ingat adalah

*Hal terpenting untuk sukses Dan bahagia bukanlah bakat*