Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

From One Dollar To Billion Dollars Company - Rhenal Kasali, Emirsyah Satar

Daftar Isi [Buka]
Judul Buku: From One Dollar To Billion Dollars Company
Penulis: Rhenal Kasali, Emirsyah Satar

 From one dollar to billion dollars company - Rhenal Kasali, Emirsyah Satar

Untuk menempuh akar permasalahan dan sekaligus membangun sikap yang positif, Emir CEO garuda Indonesia menempuh beberapa cara:

Break The Silo (Membongkar arogansi dan keangkuhan sosial)
No Blaming (Berhenti bersikap saling menyalahkan atau mersa diri paling benar)
Membangun Rasa Saling Percaya
Komunikasi dengan jelas apa yang ingin dicapai
Dan Hanya entrepreneur sejatilah yang mampu melihat peluang di balik permsalahan yang ada.

Garuda Indonesia nilai asetnya hanya dihargai US$1. Adalah wakil Presiden Jusuf Kalla yang memveto rencana penjualan Garuda. Hanya dia yang melihat kineja garuda untuk penerbangan domestik masih cukup baik.

Hanya untuk penerbangan internasional kinerja garuda babak belur. Maka kalaupun mau ditutup sebaiknya hanya rute-rute penerbangan internasional. Jangan Semuanya. Semua ini masalah ini tak lepas pula dari persoalan tragedi hilangnya mendiang Munir di Pesawat Garuda Indonesia.

Dan CEO Emir terbukti berhasil memperbaikinya Garuda sejak 2007sudah berhasil membukukan keuntungan. Utangnya juga menyusut. Dan sederet 36 pengahragaan dan yang terbaik adalah penghargaan dari Skytrax 2013.

Keberhasilan transformasi di Garuda Indonesia membuat kondisi perusahaan itu berubah “from one dollar company to billion dollars company”. Semua telah berbalik 180 Derajat mulai dari struktur keuangan, pelayanan, hingga reputasi.

Perubahan strategis:
Perubahan budaya atau nilai-nilai dasar perusahaan
Perubahan arah fokus bisnis
perubahan cara kerja untuk meningkatan efisiensi, meningkatkan penghasilan (revenue), atau pemakaian sumber-sumber daya.