Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Finding Sisu - Katja Pantzar

Daftar Isi [Buka]
Judul : Finding Sisu
Penulis : Katja Pantzar

Sisu secara sederhana adalah ketahanan dan keinginan untuk terus menguji diri sendiri. Salah satu contoh kasusnya adalah berenang di kolam dingin, es, saat musim dingin. Ya keliatan sangat tidak masuk akal, dan sia-sia.

Tapi dari kebiasaan ini pula, kita seperti ditampar bahwa batas maksimal manusia itu tidak ada. Dan dengan terus menantang diri sendiri, kita akan tahu bahwa "tidak ada yang tidak mungkin di manusia."

Dan ternyata, berenang di kolam dingin juga memiliki manfaat kesehatan. Salah satu kegiatan yang unik adalah masyarakatnya berenang di musim dingin pada suhu sekitar 2 derajat celscius. Disana juga terdapat sauna yang jumlahnya 3,3 juta, angka yang begitu besar bagi penduduk yang hanya 5,5 juta orang.

Bagi orang orang Finlandia kegiatan ini adalah kegiatan bersosialisasi dan banyak hal penting yang akan dibicarakan kegiatan ini juga meregangkan otot tubuh setelah bekerja dan dapat melepaskan hormon bahagia dalam tubuh seperti endorphin dan dopamine.

Selain berenang di musim dingin, rahasia bahagia Finlandia juga salah satunya ialah dekat dengan alam, beraktivitas, berolah raga seperti sepedaan dan mengatur pola konsumsi makanan, serta hidup minimalis. Makanan orang Finlandia juga mengutamakan makanan yang sehat. Mereka mengutamakan sayuran,hasil bumi dan ikan-ikanan.

Di buku ini juga saya menemukan fakta bahwa di Finlandia juga ada penitipan anak. Di Finlandia memiliki sistem yang luar biasa dibandingkan dengan negara lain.

Tidak hanya tertata dengan sangat baik, tetapi juga merupakan sistem yang fungsional dan masuk akal, dijalankan oleh para pengasuh dan guru pendidikan anak usia dini yang dilatih secara profesional.

Disana tidak ada televisi, apalagi iPad. Meskipun namanya penitipan anak, anak sebetulnya diasuh. Anak usia 5 tahun kebawah belajar bersosialisasi, bermain bersama, bernyanyi, berprakarya, dan makan menggunakan pisau, garpu, dan sendok dengan menu seimbang yang disediakan. Orang tua tidak perlu menyiapkan makan siang atau membawakan makanan. Kereeen

Kembali lagi ke Sisu, siapa pun, di mana pun, bisa merasakan manfaat sisu atau keteguhan dalam keseharian kita agar merasa lebih sehat dsn lebih bahagia.

Sisu membawa kita bergerak melampaui zona nyaman dengan cara yang positif.

Temukan sisu kita sendiri, misal dengan selalu berolahraga. Paksa diri untuk selalu bergerak, makan makanan sehat. Dan sesekali lihatlah alam sekitar, jujur saya suka sekali dengan pemandangan sawah atau hijau-hijau. Rasanya seger banget, mungkin jika teman-teman sedang merasa di titik penat dengan hiruk pikuk jalanan kota, bisa sesekali main ke alam. Dan yang terakhir selalu berlajar untuk minimalis. Percaya kepada konsep bahwa sedikit itu baik, sebagai perwujudan gagasan kesetaraan dan akses untuk semua orang.