Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Filosofi Teras - Henry Manampiring

Daftar Isi [Buka]
Judul buku : Filosofi Teras
Penulis : Henry Manampiring

Filosofi Teras - Henry Manampiring

Buku ini berisikan tentang banyak sekali filosofi hidup yang bisa mengubah pola pikir dari pembaca.
Apakah filsafat masih perlu dipelajari di zaman yang serba instan dengan gadget in?

Jawabannya adalah yang pertama, jangan berasumsi terlebih dahulu tentang filsafat, mungkin jika kamu menjumpai orang yang salah dalam mengajarkan kita filsafat kita kan mengatakan bahwa filsafat adalah hal yang buruk, dan sebaliknya.

Yang ke dua adalah filsafat mengajarkan sebuah jalan hidup yang damai, siapa yang tidak butuh kedamaian? Semua agama pada dasarnya juga mengajarkan tentang hal itu. memang bahasa filsafat sedikit lebih berat, tapi jika kita mampu memaknainya, pasti ada hikmah dibalik itu semua.

Bahkan seorang filsuf anekdot seperti Nasruddin Hoja pun bisa mengajarkan tentang kehidupan. Di buku ini juga diajarkan untuk mengatasi emosi – emosi.

Dikatakan bahwa “never call yourself a philosopher, nor talk a great deal among the unlearned about theorems. But act conformably for them”.

Jangan suka menyebut diri anda sebagai seorang filsuf, jangan banyak bicara kepada orang awam tentang teori – teori filsafat.

Itu semua tidak penting, karena yang terpenting adalah bagaimana anda hidup sesuai apa yang anda pelajari. Ada empat emosi negatif yanng bisa menjauhkan kita dari kebahagiaan yaitu; iri hati, takut, rasa sesal atau pahit, dan yang terakhir adalah kesenangan (kenikmatan).