Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

FACTFULLNES - HANS ROSLING

Daftar Isi [Buka]
Judul Buku: FACTFULLNES
Penulis: HANS ROSLING
FACTFULLNES - HANS ROSLING

Buku ini memberikan sepuluh contoh mengenai fakta dunia yang sering salah kaprah. menjelaskan tentang betapa dunia saat ini yang sudah banyak berkembang di banding pada abad 16 dulu. akan tetapi pola pikir manusia sering kali masih sama dengan beberapa abad sebelumnya.

Ada sepuluh insting manusia yang keliru dalam melihat fakta. tiap insiting di bahas tiap bab. Ia bercerita tentang pengalamannya berkeliling dunia sebagai seorang dokter menolong orang orang sakit di Negara Negara berkembang, afrika dan asia.

Beberapa bertannyaan yang dia buat di awal bab yang kelihatan sederhana namun banyak orang salah dalam menjawabnya. Contoh apakah dunia lebih baik dari 200 tahun lalu? Hans menyodorkan jawaban lewat grafik.

Orang turki paling banyak menjawab lebih buruk, disusul amerika, dan seterusnya. Hanya menyebutkan banyak orang salah menjawab pertanyaan tersebut di karenakan pengaruh insting negatif. manusia rupanya punya insting buruk pada sekeliling. Insting kemudian melahirkan persepsi yang membuat banyak manusia kurang bersyukur dengan keadaan.

Ada Sembilan instiing yang yang juga di jelaskan dalam buku ini : merasa berbeda, insting garis lurus, ketekutan, distorsi ukurang,generalisasi, pandangan terhadap takdir, perspektif tunggal, insting cemooh dan insting merasa terdesak. Hans kemudian menyatakan bahwa pikiran pikiran negatif ini keliru dengan fakta, data dan analis yang meyakinkan.