Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

DISRUPTION - Rhenald Kasali

Daftar Isi [Buka]
Judul Buku: DISRUPTION
Penulis: Rhenald Kasali
DISRUPTION - Rhenald Kasali

Suatu revolusi kini menghadang ribuan bahkan jutaan pembangun merek dan pemilik reputasi yang dulu tak tergoyahkan. Seperti Nokia Phone yang harus menghadapi gempuran dan ser buan handphone handphone baru yang lebih memberikan layanan kepuasan atau tingkat teknologi yang baru dan canggih dan memaksa nokia untuk menyerah dan bertekuk lutut di pasar teknologi dunia, yang membuatnya terkena revolusi teknologi dunia yang tak pernah diduganya.

Sesekali dalam hidup ini kita akan menjadi saksi perubahan dari hal hal kecil yang mengubah kebiasaan sampai revolusi besar yang diam diam mematikan suatu peradaban seperti saat ini.

Perusahaan perusahaan sekarang banyak yang menghadapi lawan yang langsung cepat memberikan kepuasan dan kenyamanan ekstra kepada para konsumenya barang siapa yang tak memberikan promo atau discount kepada pelangganya maka perusahaan tersebut akan lambat laun gugur dan tumbang.

Bak secepat angin, tak hanya menumbangkan dan menyingkirkanya tapi revolusi sekarang ini membuat perusahaan perusahaan lam yang masih berdiri sekarang ini merasa terhenyak.

Suatu peradaban yang dibentuk oleh hukum moore, yang mengubah kecepatan menjadi eksponen dan berhadapan dengan pribadi yang masih berpikir secara linear,  yang tak hanya harus bersedia setiap saat,realtime,ontime dan terbuka.

1.Apa jadinya ketika kaum muda kesulitan berkompetisi melawan incumbent yang sudah berusia puluhan tahun dan memiliki sumber daya yang besar?
2.Apa yang terjadi ketika anda menjadi kompetitor bagi diri sendiri?
3.Perusahaan sehebat apa saja yang menjadi sasaran disruption?
4.mengapa selalu kita temui pergumulan internal dalam setiap episode disruption?
5.Bagaimana kita membaca dunia baru ini?
6.Apa yang harus dilakukan untuk menghadapi zaman baru yang tak lagi terikat dengan waktu dan tempat?!..

Maka dari itu, perubahan pada abad ke 21 ini ditandai dengan disruption yang didukung publik secara luas di mana mana. Oleh karena itu kita tak perlu heran jika lahirnya revolusi baru ini mengalami serangan dari berbagai pihak yang dibiayai oleh incumbent.

Kita akan mendiskreditkan ekonomi berbagi sebagai kapitalisme baru. Ada regulator yang tidak senang karena ini mengganggu kebijakan kebijakan yang diambilnya serta mengganggu pendapatan resmi yaitu (perizinan) dan tidak resmi yaitu (kekuasaan dan pengalokasian).

SEKIAN TERIMAKASIH..