Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Creative Selling Strategy - Rolla Bawata

Daftar Isi [Buka]
Judul Buku: Creative Selling Strategy
Penulis: Rolla Bawata
Creative Selling Strategy - Rolla Bawata

Bagi para penjual pemula hal yang paling ditakuti adalah penolakan. Mengapa begitu? Karena bila belum terbiasa atau mental belum siap, penolakan dari prospek begitu menguras emosi. Gara-gara ketakutan pada penolakan ini, seseorang tidak berani kenalan dengan orang baru, mereka juga tidak berani melakukan call, takut membuat janji bertemu, malas mendekati orang, apalagi memprospek.

Berikut adalah dasar penolakan prospek.
- prospek tidak punya uang
- prospek belum mengerti produk kita
- prospek memang tidak mau membeli produk kita

Dalam buku ini dijelaskan Strategi marketing yang diberi nama triple A (appearance, attitude, and ability).

Appearance yaitu penampilan yang mencirikan atau mengesankan bahwa penjual adalah orang yang profesional dan bisa dipercaya oleh prospek atau customer. Appearance disini mencakup keseluruhan baik penampilan maupun tools yang digunakan untuk mendekati atau memprospek pembeli.

Selanjutnya yaitu Attitude. Attitude is everything in selling. Tingkah laku adalah segalanya dan menentukan, karena inilah yang menentukan presepsi orang kepada kita. Sederhananya attitude bisa diartikan sebagai tingkah laku atau perilaku dalam menghadapi berbagai proses interaksi dan komunikasi.

Dan yang terakhir yaitu ability, ability diterjemahkan sebagai suatu kesanggupan atau kecakapan yang disertai keterampilan atau skill untuk membawa seorang penjual kepada pencapaian-pencapaian terbaiknya. Selain itu ability juga bisa diartikan sebagai kesanggupan mental dalam menghadapi berbagai tantangan-tantangan penjualan, mulai dari proses pendekatan, kegiatan memprospek, melayani pembeli, bahkan pelayanan prima untuk menjual produk-produk tertentu.
Oleh sebab itu, baik mindset atau kondisi mental seorang penjual harus terus dijaga dan dikembangkan supaya selalu siap mengatasi kesulitan-kesulitan yang dihadapi.

Penyebab kegagalan berjualan:
-pengetahuan produk yang lemah
-tidak yakin dengan produk atau pemikiran yang akan dijual
-tidak percaya diri untuk bertemu klien
-punya paradigma negatif seperti memastikan diri tidak mampu
-tidak memiliki target penjualan yang jelas
-merasa puas dengan hasil apa yang dirasakan
- kemampuan komunikasi yang rendah

5 langkah creative selling
Langkah 1: Go first
Langkah 2: Membangun Hubungan
Langkah 3: Temukan Nilai
Langkah 4: Tautan Nilai ke produk
Langkah 5: Tutup Kesepakatan