Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Konsisten Menulis Artikel Blog

Daftar Isi [Buka]
Cara Konsisten Menulis Artikel Blog

Cara Konsisten Menulis Artikel Blog - Hayy sobat sukses, biasanya blogger baru yang sedang membangun blog mempunyai rasa semangat yang tinggi. Dengan rasa semangat tinggi ini mereka bisa mengupdate 3 sampai 5 artikel per hari nya, bahkan bisa lebih. Namun, seiring berjalan waktu rasa semangat tersebut menurun bahkan hilang kenapa ya?? Nah disini kamu bisa nemuin solusinya

Cara konsisten menulis artikel blog

Pada akhirnya mereka berhenti menulis dalam jangka waktu yang lama. Padahal agar blog bisa berkembang dan ramai yaitu dengan cara rutin update artikel setiap hari.

Semakin sering dan konsisten menerbitkan artikel blog maka semakin besar peluang ranking blog tersebut akan naik. Konsisten mengupdate artikel itu tidak mudah. Inilah yang menjadi masalah terbesar yang harus dialami seorang blogger.

Lalu apakah ada rahasia tips untuk konsisten update artikel setiap hari? jawabannya Ada

Cara terbaik adalah menggunakan jasa penulis. Namun, untuk menggunakan jasa ini kamu harus membayar sejumlah uang untuk si penyedia jasa ini. Dengan menggunakan jasa penulis ini kamu dapat konsisten untuk update artikel setiap hari.

Akan tetapi saya tidak merekomendasikan untuk menggunakan jasa penulis ini. Dengan alasan biaya yang telah saya sebutkan sebelumnya. Disini saya hanya akan membagikan tips dan cara agar kamu dapat konsisten update artikel di blog.

Ya, konsisten atau tidaknya semua itu tergantung pada diri kalian masing-masing. Kunci dari kesuksesan adalah disiplin dan kerja keras. Jika kamu dapat mengatur waktu, tentu kamu bisa konsisten menulis.

Tips Ngeblognya dibawah ini simak baik baik ya:

1. Berikan Motivasi Untuk Diri Sendiri

Ini merupakan bagian tersulit menjadi seorang blogger yaitu tidak bisa memotivasi diri sendiri. Kalahkan semua rasa malas dan kemudian harus memiliki motivasi kamu untuk menulis artikel.

Sebab memotivasi diri sendiri merupakan obat malas. Sebagai contoh kamu dapat melihat blogger lain yang sudah berpenghasilan, jadikan hal tersebut untuk memotivasi diri kamu supaya bisa seperti mereka.

Dilihat dari beberapa pengalaman blogger memotivasi diri sendiri merupakan faktor penting untuk menghasilkan artikel berkualitas.

2. Kamu bisa Membuat Sebuah Konsep

Supaya memudahkan kamu dalam menulis artikel berkualitas, sebaiknya kamu membuat konsepnya terlebih dahulu. Konsep yang saya maksud adalah mulai dari pembuka, isi, dan penutup.

Apabila sudah memiliki konsep, langkah berikutnya tinggal mengembangkan konsep tersebut agar menjadi tulisan artikel yang lengkap dan utuh.

Upayakan supaya tulisan kamu mudah untuk dipahami dan dibaca. Selalu gunakan kata dan kalimat yang baik dan benar. Sedikit saran gunakan bahasa yang baik dan benar serta komunikatif. Hal tersebut bisa menjadi tolak ukur tingkat profesional kalian dalam menulis.

3. Membuat Daftar Artikel

Tips yang pertama adalah carilah tema (topik) yang ingin dibuat, kemudian buatlah daftar artikel-artikel apa saja yang akan ditulis.

Dengan cara tersebut kamu memiliki arah setiap kamu akan menulis. Cobalah untuk membuat artikel dari daftar yang pertama. Apabila sudah selesai dan diterbitkan kemudian lanjut ke daftar artikel berikutnya.

Setelah semua itu dilakukan dengan rutin maka kamu akan lebih konsisten menulis artikel untuk blog kamu.

4. Mulailah dengan membuat topik yang Kamu suka

Menurut saya blog merupakan project jangka lama. Maka dari itu kamu harus membuat banyak konten untuk blog kamu. Karena itulah membuat konten dengan topik yang dikuasai sangatlah membantu.

Apabila sudah menyukai maka menulis akan lebih santai dan tanpa beban. Karena memang kamu membuat konten blog dengan apa yang kamu sukai.

Hal ini dapat membantu kamu untuk konsisten update artikel setiap hari. Usahakan untuk tidak membuat konten dengan apa yang kamu tidak kuasai. Hal tersebut akan membuat kamu berhenti ditengah jalan.

5. Buatlah konten artikel sesuai keahlianmu

Setelah membuat topik yang disukai, kamu bisa mencoba untuk menulis artikel yang kamu sudah tahu atau sudah ahli dalam bidang itu. Dengan membuat konten yang dikuasai, pada saat membuat artikel kamu tidak akan mengalami banyak kesulitan. Karena artikel yang kalian buat benar-benar telah dikuasai.

Kamu tidak memerlukan referensi atau mempelajari hal baru, karena artikel yang kamu buat tentang sesuatu yang sudah dikuasai.

Mengkombinasikan artikel yang disukai dengan apa yang dikuasai merupakan kombinasi terbaik untuk seorang blogger dalam menulis. Tanpa memiliki beban dan kesulitan. Pada intinya pikirkanlah apa yang kamu sukai dan kemudian pikirkan apa yang kamu kuasai. Setelah menemukan keduanya kamu bisa menerapkannya pada blog kalian.

6. Tugas yang lebih penting diselesaikan terlebih dahulu

Tidak semua blogger itu full time ada banyak juga blogger part time atau hanya sekedar meluangkan hobi. Maka dari itu menyelesaikan tugas yang paling penting.

Karena itu untuk selalu memprioritaskan tugas yang paling penting terlebih dahulu. Baru kemudian membuat konten untuk mengisi blog kamu, mengingat kegiatan blogging itu fleksibel.

Kita dapat mengurus blog kita kapan pun kita mau, tanpa ada batasan dan larangan. Hindari kegiatan ngeblog kalian mengganggu kewajiban atau tugas kamu yang lain. Dengan tidak memiliki tugas yang lain, kegiatan ngeblog kamu akan lebih santai tanpa beban.

7. Buatlah konten artikel pada waktu yang tepat

Bisa saya katakan bahwa kegiatan ngeblog itu fleksibel dapat dilakukan kapan dan dimana saja asal kamu mau. Sama halnya dengan menulis artikel, nggak usah terburu-buru membuat artikel jika waktunya kurang tepat.

Kamu dapat membuat artikel dikala mood kamu sedang baik. Dengan cara seperti ini artikel kamu akan lebih berkualitas.

Saya sendiri tidak dapat menentukan waktu yang tepat tersebut, karena semua itu relatif. Saya yakin kamu dapat menetukan sendiri kapan waktu yang tepat untuk menulis artikel. Apabila mood kamu sedang tidak baik, alangkah baiknya untuk tidak memaksakan membuat artikel dahulu.

Tunggu mood kamu membaik terlebih dahulu, kemudian baru menulis artikel lagi. Terkecuali kamu adalah seorang penulis bayaran yang dituntut untuk terus menerus membuat artikel.

8. Buatlah Jadwal untuk memulai menulis

Tips selanjutnya adalah membuat jadwal. Walaupun ngeblog itu fleksibel, namun jika kamu ingin produktif update artikel, maka membuat jadwal sangat saya anjurkan. Kamu dapat membuat jadwal kapan saja, baik di catatan ponsel maupun layar laptop kamu.

Dengan cara tersebut kamu dapat belajar konsisten dan disiplin serta akan menimbulkan rasa tanggung jawab terhadap jadwal tersebut. Sobat bisa mengatur sendiri kapan artikel selesai dan kapan waktu di publikasikan.

Sedikit saran jangan terlalu membebani diri sendiri dengan jadwal yang banyak dalam waktu yang singkat. Hal tersebut akan membuat kalian terbebani. Saya pikir tidak perlu untuk update 5 - 10 artikel per hari. Menurut saya 1 - 2 artikel perhari sudah cukup banyak. Banyak maupun sedikitnya itu tidak penting, yang terpenting adalah kualitas dari artikel itu sendiri.

9. Komitmen/janji pada diri sendiri

Setelah semua tips diatas, berikutnya kamu harus membuat komitmen terhadap diri sendiri. Bahwasanya menjadi seorang blogger itu sama saja seperti bekerja. Anggap saja jika kamu tidak bekerja 1-2 hari gaji kamu akan terpotong. Bisa dikatakan ngeblog meupakan pekerjaan yang tidak bisa ditinggalkan.

Pada awal-awal ngeblog memang belum merasakan hasilnya, sehingga kita mengingkari komitmen sendiri untuk malas menulis artikel. Namun, percaya atau tidak jika kita bersungguh-sungguh maka seiring dengan berjalannya waktu akan merasakan hasilnya dikemudian hari.

10. Buatlah Target dan jangan lupa berdoa

Dengan membuat target kita akan lebih jelas kemana arah dan tujuan kita ngeblog. Target yang cukup sederhana yaitu kita update berapa artikel yang kita tulis perharinya.

Semakin jelas tujuan ngeblog makan semakin baik. Selain itu juga harus diiringi dengan doa, semoga usaha dan kerja keras kamu dapat meraih target yang telah ditetapkan.

Jadilah seorang blogger yang mampu mengispirasi memberikan ilmu dan bermanfaat bagi orang lain. Cukup sekian artikel tentang cara konsisten menulis artikel blog. harap saya semoga bermanfaat serta menambah semangat kamu untuk ngeblog setiap harinya. Sebenarnya cara tersebut merupakan cara yang saya terapkan dalam diri saya sendiri untuk mengelola blog ini.. salam sukses dari aku see you.