Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Bersikap Tegas di Segala Situasi - Sue Hadfield & Gill Hasson

Daftar Isi [Buka]
Judul Buku: Cara Bersikap Tegas di Segala Situasi
Penulis: Sue Hadfield & Gill Hasson

Cara Bersikap Tegas di Segala Situasi - Sue Hadfield & Gill Hasson

Buku ini adalah buku yang menceritakan tentang bagaimana cara kita menjadi tegas. Dalam komunikasi terdapat 4 tipe komunikasi yaitu: Pasif, aggresif, pasif-aggresif, dan juga tegas (asertif) nah di dalam buku inilah kita diajarkan cara menjadi asertif dalam segala situasi.

Defisini dari bersikap tegas adalah ekspresi yang jujur dan tepat mengenai perasaan, opini, dan kebutuhan Adna. Orang yang tegas mampu memberi tahu orang lain tentang hal-hal yang ia inginkan dan tidak ia inginkan.

Ketegasan berarti kemampuan untuk menyatakan keinginan dengan tenang, apa yang diinginkan atau tidak diinginkan oleh seseorang, dan bagaimana ia ingin diperlakukan. Bersikap tegas berarti Anda tidak merasa harus membuktikan apa pun, tetapi Anda juga tidak berpangku tangan ketika mendapat perlakuan yang tidak semestinya.

Anda menetapkan batasan dan merasa berhak untuk membela diri dari perbuatan semena-mena, serangan, dan permusuhan. Bersikap tegas juga berarti membuka diri bagi pandangan orang lain walaupun hal itu berbeda dengan pandangan Anda.

Anda tidak berupaya menguasai orang lain, tidak pula takluk pada orang lain.

Anda merasa cukup percaya diri untuk mengambil keputusan dan memikul tanggung jawab atas perkataan dan perbuatan Anda.

Beberapa Penerapan tindakan tegas terhadap keluarga, teman, rekan kerja dll:

- Terimalah pujian dengan senyuman, jangan disangkal. Katakan saja terimakasih

- Kita sering lupa untuk mengatakan terimakasi kepada orang yang kita anggap sudah akrab, meskipun begitu sebenarnya kita masih harus mengatakan terimakasih dan memberikan pujian.

- Sadaru bahasa tubuh dan intonasi suara. Berkata "tidak" tidak berarti bahwa Anda harus bersikap agresif dan bersuara lantang. Bersikaplah ramah.

- Jangan lupa berterimakasih dan memberikan pujian jika keinginan kita telah terwujud, setiap orang menghargai ucapan terimakasih dan pujian.

- Mengambil sebuah keputusan besar memerlukan keberanian. Keberanian untuk mengambil risiko, mengambil tindakan dan menghadapi konsekuensi