Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bunda Produktif, Catatan Ikhtiar Menjemput Rizqi - Lina Prihatin dkk

Daftar Isi [Buka]
Judul Buku: Bunda Produktif, Catatan Ikhtiar Menjemput Rizqi
Penulis: Lina Prihatin dkk

Bunda Produktif, Catatan Ikhtiar Menjemput Rizqi - Lina Prihatin dkk

Buku ini berisi berpuluh kisah dari para ibu yang mulai bergerak menjadi bunda produktif dengan memiliki berbagai jenis usaha. Ada beberapa ibu yang memutuskan berhenti dari tempat kerjanya, untuk fokus pada keluarga, untuk kemudian ternyata menemukan dunia barunya dalam bisnis baru yang dirintisnya.

Berisi tentang sebuah pengalaman para bunda yang merupakan full time mother bagaimana mereka menjalankan aktifitasnya di dalam rumah, dan juga para bunda yang bekerja di luar rumah kemudian memutuskan untuk berhenti bekerja dan memulai untuk totalitas terhadap keluarga.

Banyak pengalaman dari mereka yang menginspirasi saya. Di dalamnya terdiri dari 12 antologi yang penceritakan bagaimana mereka memulai bisnis di dalam rumah.

Ada benang merah yang harus di pegang yakni ketika melakukan aktifitas tersebut kita harus melaksanakan kewajiban kita terlebih dahulu

Apakah kita sudah merawat anak dengan baik?
Apakah kita sudah melayani suami dengan baik?
Dan apakah rumah kita sudah terawat dengan baik?

Jika kita belum melakukan itu maka akan lebih baik kita harus belajar lagi agar tidak menambah beban bagi bunda.

Selain itu yang di bahas dalam buku ini adalah bagaimana perjalanan mereka dalam melakukan bisnisnya. Membangun bisnisnya dari mulai nol hingga bisnis tersebut tumbuh. Karena dalam berbisnis atau dalam hal apapun itu lebih mudah memulai di bandingkan mempertahankan.

Buku yang terdiri dari 3 bagian besar ini, mengungkapkan kisah beberapa ibu dari berbagai pelosok tanah air, bahkan dari berbagai negara dalam merintis dan mengembangkan usaha yang kebanyakan bergerak di bisnis online. Para ibu ini menceritakan kisah mereka saat berjibaku membangun usaha di bisnis baju ibu hamil dan menyusui, bisnis tas, TK dan PAUD, kuliner, anggrek, buku, handycraft, Training Edukasi, Pulsa, Tempat Penitipan Anak dan lain-lain.

Ada beberapa tips dari para penulis dan pelaku bunda produktif bagi para ibu yang ingin memulai usahanya, diantaranya, Berawal dari sesuatu yang disenangi, Fokus, Koneksi/networking, kemasan, komitmen dan disiplin, professional, Berdoa, Team Work, Memantaskan diri untuk mendapat banyak order dan masih banyak lagi yang bisa dibaca lengkap di bukunya.

Hebatnya, para ibu ini tetap memprioritaskan keluarga saat berbisnis nya. Mereka tetap ingin punya waktu banyak untuk keluarganya, tapi potensi dan hobi mereka dapat tersalurkan melalui bisnisnya. Sepertinya, niat mulia untuk tetap memprioritaskan keluarga lah, yang membuat para ibu ini perlahan lahan menemukan jalan kesuksesannya.

Saat seorang ibu berbahagia, maka aura kebahagiannya akan terpancar pada kebahagiaan seluruh anggota keluarganya. Tapi jika seorang ibu belum menemukan jalan kebahagiannya, itu akan tertular pada cara ibu berinteraksi dengan anggota keluarganya, yang akan berdampak pada pola asuh yang diterapkannya pada anak-anaknya.

Mari belajar menjadi ibu yang terampil dengan berbagai amanah yang harus diemban, sebagai istri, anak, ibu, pelaku usaha dan mungkin masih banyak lagi amanah lain yang harus diselesaikan. Bunda produktif ini suatu saat bisa saya praktekkan.

Thank you ❤