Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bunda Lisa Samudra dan Angkasa yang Bernyanyi Memeluk Mimpi - Jombang Santani Khairen

Daftar Isi [Buka]
Judul Novel : Bunda Lisa Samudra dan Angkasa yang Bernyanyi Memeluk Mimpi
Penulis : Jombang Santani Khairen

Bunda Lisa Samudra dan Angkasa yang Bernyanyi Memeluk Mimpi - Jombang Santani Khairen

Menjadi seorang ibu bagi anak-anak yang kurang mampu merupakan kebahagiaan bagi setiap wanita. Meski ia telah dikaruniai dua orang jagoan yang kini menempuh pendidikan di luar negeri, bagi Bunda Lisa membahagiakan anak-anak di daerah kumuh di Kutilang merupakan anugrah yang Tuhan berikan kepadanya. Bunda Lisa adalah wanita inspiratif yang telah mengalami lika-liku jalan kehidupan yang penuh dengan cerita yang tak terlupakan.

Seorang wanita yang tak mau hanya sekedar duduk manis di rumah menikmati hasil jerih payah suaminya. Hatinya tergerak ketika ia sadar di negeri ini banyak sekali anak-anak kecil yang tak mampu mengenyam pendidikan yang seharusnya mereka dapatkan.

Di lingkungan sekitar tempat tinggalnya, banyak anak-anak yang tubuhnya kurus, kurang terawat, bermain tanpa alas kaki. Orang tua mereka juga merupakan orang-orang yang masih ditakdirkan Tuhan untuk hidup di bawah garis kesejahteraan. Miris rasanya melihat anak-anak yang akan menjadi generasi penerus bangsa harus berada dalam situasi dan kondisi yang seakan tak akan memberi harapan kepada mereka akan masa depan yang membahagiakan.

Buku ini berisi tentang kisah hidup Bunda Lisa yang penuh kenangan ketika dirinya dalam keadaan serba kesulitan hingga saat ini mampu mendirikan sebuah taman kanak-kanak yang mampu memberikan pengaruh positif bagi lingkungan di sekitar tempat tinggalnya, terutama bagi anak-anak yang akan memegang tongkat estafet keberlangsungan hidup bangsa ini.

Dimulai dari kisah awal ketika Bunda Lisa mendorong keras suaminya agar mau melanjutkan studinya di luar negeri meski kondisi keuangan keluarga serba berkecukupan. Masalah-masalah yang dihadapi dirinya dan suami ketika awal menempuh kuliah, kisa studi di luar negeri, hingga sekembalinya ke tanah air disampaikan secara gamblang dan dramatis oleh penulis.

Bunda Lisa bukan hanya seorang guru TK yang inspiratif, melainkan telah membawa perubahan berarti bagi bangsa ini. Ia mengajarkan anak-anak kecil di sekolahnya dengan cara berbeda. Dibantu Bunda-Bunda lainnya, ia mendidik anak-anak yang kurang mampu dengan lebih sering memberikan award atau penghargaan dibandingkan menghukum, memarahi, dan melukai hati anak kecil yang belum ternoda.

Meski ia tidak memungut biaya dari anak-anak kurang mampu di Kutilang, Bunda Lisa juga menerima anak-anak dari keluarga yang berkecukupan dengan menerapkan pembayaran dengan sistem subsidi bagi anak-anak yang kurang mampu. Anak-anak yang memiliki keterbelakangan mental dibandingkan anak-anak lainnya juga ia didik dengan ikhlas hati hingga mengalami perubahan yang signifikan pada putra didiknya. Bahkan, ketika pembagian raport, sekolah itu tidak memberlakukan penilaian dengan angka.

Saya belajar banyak dari sosok bunda Lisa, tak heran jika banyak orang yang mengagumi dirinya, hingga murid dari suami beliau saja bahkan menuliskan sebuah buku full tentang beliau. Memang ada satu dua hal yang bertolakbelakang dengan prinsip yang saya pegang, tetapi hal-hal tersebut justru membuat saya semakin belajar untuk menguatkan diri saya dan berusaha untuk mempersiapkan 'kehidupan mendatang' dengan sebaik-baiknya.

Ya, karena sebaik-baik perhiasan adalah wanita shalihah, saya yakin kepingan puzzle yang sedang saya dan perempuan-perempuan lain di dunia ini jalani adalah perjalanan panjang untuk menyusun kepingan-kepingan tersebut menjadi seutuhnya. Life goal's definitely set: menjadi pendidik sekaligus sekolah terbaik untuk generasi Rabbani.

Thank you ❤