Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Atomic Habits (perubahan kecil yang memberikan hasil luar biasa) - James Clear

Daftar Isi [Buka]
Judul buku : Atomic Habits (perubahan kecil yang memberikan hasil luar biasa)
Penulis : James Clear

Atomic Habits (perubahan kecil yang memberikan hasil luar biasa) - James Clear

Buku ini sesuai dengan judulnya, berisikan tentang sebuah habit atau kebiasaan. kebiasaan baik walaupun kecil atau sedikit akan membawa hasil yang luar biasa di masa yang akan datang.

Atomic Habit sendiri artinya adalah kebiasaan kecil yang merupakan bagian dari sistem yang lebih besar. Sama seperti atom yang ikut membangun molekul.

Mengapa perubahan kecil menimbulkan dampak yang besar? Seringkalikita berpikir bahwa kesuksesan yang masih membutuhkan aksi yang masif pula, dan kita malah sering mengabaikan hal kecil yang 1%, padahal bisa jadi hal yang 1% hal ini jauh lebih bermakna.

Coba kita hitung dengan cara matematika, jika kita bisa mnejadi 1% lebih baik setiap harinya, maka dalam setahun kita akan menjadi 37x lebih baik pada penghujung tahun.

Dan sebaliknya, jika kita menurun 1% setiap harinya padahal sebelumnya kita telah melakukan prestasi, maka di penghujung tahun angkanya akan nol, dan itulah kekalahan sesungguhnya.

LUPAKAN SASARAN BERFOKUSLAH PADA SISTEM

Sekarang perhatikan pertanyaan ini, apakah jika kita hanya fokus pada sistem, apakah kita akan menjadi berhasil?

Seperti yang diungkapkan oleh juara super bowl Bill Walsh bahwa “ Nilai akan datang sendirinya”. Ini berlaku pula untuk semua aspek kehidupan kita. sasaran memang baik untuk menentukan arah kita akan kemana, akan tetapi dengan sistem adalah cara yang terbaik untuk mendapakan kemajuan.

Banyak orang memulai proses mengubah kebiasaan dengan berfokus pada apa yang ia inginkan atau ingin mereka raih. Ini akan mengantarkan kita ke kebiasaan berbasis hasil. Padahal alternatif yang lebih baik daripada itu sebenarnya adalah membangun kebiasaan berbasis identitas.

Jadi dengan kita memilih membangun kebiasaan yang berbasis identitas, kita artinya lebih berfokus pada ingin jadi apakah kita nanti, ingin jadi sosok yang seperti apa kita nanti.

Sebagai contoh ada dua orang perokok yang mencoba untuk menghentikan kebiasaannya itu, kemudian ada orang yang menawari rokok kepada mereka.

Orang pertama yang merubah kebiasaan berbasis hasil akan mengatakan “Tidak, terimakasih, saya sedang berusaha menghentikan kebiasaan merokok”.

Lalu orang kedua menjawab “ Tidak, terimakasih saya bukan perokok”. Orang pertama mengisyaratkan bahwa merokok adalah bagian dari kehidupan lamanya dulu, sedangkan orang kedua tidak lagi mengidentitaskan dirinya sebagai seorang perokok.