Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

12 Langkah Menjadi Diri Sendiri - Asti Musman

Daftar Isi [Buka]
Judul buku : 12 Langkah Menjadi Diri Sendiri
Penulis : Asti Musman
12 Langkah Menjadi Diri Sendiri - Asti Musman

Buku ini menjelaskan langkah-langkah bagaimana kita menjadi diri sendiri. Banyak langkah ketika kita ingin mengenali diri sendiri dengan baik. Menjadi diri sendiri adalah sebuah misi yang saat ini sangat susah.

Harap dibedakan menjadi diri sendiri sebatas mengetahui nama dan karakter, mengenali diri sendiri jauh lebih luas dan lebih dalam daripada hal itu. Semua hal yang tidak pernah Anda tahu akan perlahan-lahan terbuka dan ruang persepsi Anda akan berkembang dan berevolusi dengan sendirinya. Untuk menjadi diri sendiri, yang diperlukan kemudian adalah bagaimana mencermati apa yang terjadi pada emosi diri sendiri.

Mengenal diri sendiri bukan sekedar mengenal nama, alamat, usia. Dalam kehidupan sehari-hari, kita berhubungan dengan orang lain. Kita harus mengembangkan berbagai cara komunikasi efektif dengan orang lain untuk mencapai tujuan.

Demikian pun dengan belajar mengenal diri sendiri, seseorang harus mengembangkan bentuk komunikasi timbal balik yang baik dengan dirinya sendiri agar tercipta tujuan tujuan hidupnya dan kehidupannya semakin berkembang. Dengan mengenali diri sendiri maka kita akan menyadari kemampuan dan bakat-bakat kita serta tahu bagaimana menggunakannya demi mencapai tujuan.

Dengan begitu kita lebih mampu menemukan makna hidup yang sesungguhnya. Tuhan menciptakan kita sebagai manusia yang dasarnya hebat namun kata hebat itu hanya bisa dicapai lewat perjuangan dan proses belajar. Dalam proses belajar itulah kita perlu mengenali diri sendiri.

"Penguasaan diri merupakan aspek yang perlu dilatih dejak dini. Tisak ada aspek kemampuan untuk menguasai diri yang turun dari langit, melainkan diperoleh dari proses yang panjang dalam pengalaman hidup selama berhubungan dengan orang-orang sekitar. Hikmahnya luar biasa.

Kemenangan sejati bukanlah kemenangan atas orang lain, tapi kemenangan atas diri sendiri. Kita membuat garis keberhasilan diri sendiri dalam pertandingan untuk mengalahkan kekuatan, keengganan, keangkuhan, dan semua yang menghambat langkah awal kita. Jerih payah untuk mngalahkan orang lain yidak ada gunanya. 'Pelari yang berlari untuk mengalahkan pelari lainnya akan tertinggal jika ia hanya sibuk mengintip cara berlari teman-temannya.'

"Lawan terbesar adalah diri kita sendiri. Kita tidak akan mengikuti orang lain atau melecehkan pendapat mereka. Namun kita harus berencana untuk menguji batasan-batasan yang kita buat sendiri." (Rain)

"Satu-satunya cara untuk mencapai tujuan adalah dengan jalan kekerasa dan kelihaian. Mereka berkata bahwa belas kasihan juga diperlukan, tetapi kita harus menunggu hari-hari baik untuk menunjukkan belas kasihan kita, padahal kehidupan perlu dijalani setiap saat." ( Johan Von Goethe )

" Tidak ada prinsip, hanya ada peristiwa. Tidak ada yang baik dan yang jahat, hanya ada situasi. Manusia yang superior mendukung beragam peristiwa dan situasi agar bisa membimbing mereka. Jika ada prinsip dan hukum yang sudah pasti, maka banyak negara tidak akan mengubah hukum sepeeti cara kita berganti baju dan seorang manusia tidak diharapkan bersikap bijak daripada suatu negara." (Honore de Balzac)