Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Menumbuhkan Jiwa Wira Usaha - Drs. Akhmad Kardimin

Daftar Isi [Buka]
Penulis: Drs. Akhmad Kardimin
Judul: Menumbuhkan Jiwa Wira Usaha

Berpikir Positif bisa berangkat dari rasa syukur atau rasa terimakasih atas apa yang dimiliki dan melekat pada diri seseorang. Pengaruh dari berfikir positif ini sangat luas karena akan membawa implikasi ke dalam dari segala aktifitas sehari hari.

Orang yang berfikir positif memandang sesuatu barang selalu bernilai bagi dirinya sehingga berfikir positif  membuat seseorang maju dalam hidupnya, selalu mencari kemanfaatan dan keuntungan terhadap benda yang dilihat dan dirasakan. Jelas berfikir positif bisa menjadi sugesti bagi dirinya dan oenag ain dalam memandang sesuatu benda dan keadaan atau situasi.

Bekerja keras memang itu pilihannya. Bekeraja keras bukan berarti kita menyiksa diri sehingga kita sering tertekan atau depresi. Bukan yang demikian yang dimaksud di sini. Bekerja keras dimaknai sebagai bentuk usaha sungguh-sungguh dengan segala kemampuannya secara optimal. Memberdayakan segala kemampuan ahir batin untuk menggapai prestasi puncak.

Kemauan kuat untuk mandiri bebasnya beridiri diatas kaki sendiri, bukan kaki orang lain. Orang mandiri sering disebut juga orang merdeka. Mandiri berarti juga suatu kemampuan yang didasarkan pada kekuatan, kamauan dan hasrat diri untuk berbuat.

Dalam bahasa inggris sering disebut independent, lawan dari dependent. Secara umum dapat dikatakan bahwa orang - orang yang jiwanya sudah bisa mandiri adalah orang - orang yang memiliki keyakinan kepada Tuhan kuat. Memiliki keteguhan dalam memegang asas kebenaran. Kebeneran hakiki menjadi pilihan daam hidupnya.

Mengatasi keraguan yang ada pada hampir semua orang, tetapi jika ragu-ragu itu selalu menghinggapi pikiran kita terus menerus, maka hal itu akan selalu menjadi masalah bahkan dapat dikatakan sebagai penyakit kejiwaan. Ragu-ragu sering muncul dalam pikiran ketika kita ingin memulai suatu pekerjaan atau suatu program yang sebelumnya sudah ada dalam rencana kita.

Sikap ragu itu muncul saat kita memikirkan antarra yakin atau tidak, antara berhasil atau gagal dan lain sebagainya. Secara umum, jika rasa ragu dan bimbang ini sudah menghinggapi pikiran, maka pada akhirnya yang terakhir hanya ingin menunda atau mengurungkan pekerjaan saja.

Mengatasi keraguaan dengan kita harus sadar betul bahwa sikap ragu sebenarnya akan merugikan kita sendiri. Kita bisa melakukan efaluasi dengan membandingkan kita dengan orang lain. yang sudah lebih dahulu melakukan sesuatu tindakan tanpa ragu-ragu. Hasilnya mereka akan lebih maju dan lebih berkembang daripada orang yang dalam dirinya diliputi rasa ragu-ragu.

Memahami jalan kesuksesan, jalan orang mencapai sukses di dunia ini. Kita melihat banyak orang berhasil dalam merintis usaha. Kerberhasilan itu sebenarnya melalui jaan panjang, berliku dan mereka pernah mengalami yang namanya kegagalan. Proses jatuh dan bangun merupakan seni daam menggapai sukses besar.

Jika anda melihat orang memancing orang sedang menadaptkan ikan besar yang anda perhatikan jangan hanya ikannya saja tetapi amati betul jenis pancingnya dan untuk tahap berikutnya perhatikan benar-benar cara dia memancing, mulai dari cara memasang umpan, mencari lokasi, kualitas dan desain pancingnya sehingga anda mendapatkan pengalaman-pengalaman yang sangat berharga dari proses tersebut.