Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kaizen For life - Asti Musman

Daftar Isi [Buka]
Judul: Kaizen For life 
Penulis: Asti Musman

Didalam buku ini mengajarkan untuk Kaizen for life. Jangan mencari perubahan besar dan cepat, carilah perbaikan kecil satu hari pada suatu waktu. Itulah satu-satunya cara itu terjadi. Dan ketika itu terjadi, itu akan menjadi kebiasaan. Langkah menuju kaizen diri sendiri, kaizen merupakan penyempurnaan yang berkelanjutan. 

Jika Kaizen dapat diterapkan dalam dunia industry, maka Kaizen pun bisa diterapkan dalam diri sendiri. Semangat Kaizen cukup sederhana, Kaizen ibarat tetesan air yang jika dikumpulkan akan menjadi air seluas samudra. Atau peningkatan hidup (Kesuksesan) dapat dilakukan dengan melakukan langkah-langkah kecil dan nyaman, bukan perubahan drastis dan mendadak yang sering kali justru menimbulkan stress.

Itulah sebabnya Kaizen lebih mudah diterapkan pada kehidupan saat kita berusaha melakukan perbaikan berkelanjutan pada tingkat pribadi. Kita dapat menerapkan Kaizen untuk meningkatkan perhatian, pengetahuan dan keterampilan kita agar mencapai tujuan. Walaupun hanya selangkah demi selangkah, sedikit demi sedikit, namun hasilnya lebih bermakna dan tidak mudah goyah jika mengalami keterpurukan. 

Dan didalam buku ini untuk kamu melangkah ke arah Kaizen untuk diri sendiri sebagai berikut: 

1. Bertanyalah pada diri sendiri
2. Luangkan waktu 
3. Tetap berpikir positif
4. Rayakan kesuksesan
5. Pecahkan tujuan 
6. Bersikaplah konsisten
7. Membayangkan

Kaizen dalam kehidupan sehari-hari, orang jepang selalu mau untuk terus belajar sebagai refleksi diri bahasa japangnya hansei dan pengembangan diri tanpa henti kaizen. Elemen kunci dalam kaizen adalah mau belajar merupakan sebuah proses yang tidak pernah ada kata akhir. Apa saja yang bisa dilakukan untuk perbikan diri secara terus menerus dalam kehidupan? 

Belajar memperbaiki ego, Rendah hati, Membiasakan diri membaca, Disiplin berlalu Lintas, mengembangkan rasa malu, selalu berhemat, cukup istirahat, membiasakan disiplin mengatre dan terakhir Danshari

Danshari berasal dari tiga kata, yaitu: 

Dan = menjauhkan diri dari hal-hal yang tidak kita perlukan
Sha = membuang segala kekacauan dalam hidup
Ri = memisahkan diri dari afeksi. Afeksi atau kasih sayang adalah istilah psikologi untuk semacam status kejiwaan yang disebabkan oleh pengaruh eksternal (luar)

Kesimpulannya 

"jangan melakukan hal yang tidak berguna" (Miyamoto Musashi)