Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Bersikap Tegas Dalam Segala Situasi - SUE HADFIELD Dan GILL HASSON

Daftar Isi [Buka]
Judul: cara bersikap tegas dalam segala situasi
Penulis: SUE HADFIELD & GILL HASSON

Tindakan tidak muncul dari pikiran, tetapi dari kesiapan untuk memikul tanggung jawab. Apa yang dimasuk dengan bersikap tegas? Bersikap tegas bukanlah berteriak, namun dengan memberi tahu orang lain tentang sesuatu yang Anda inginkan dan tidak Anda inginkan dengan cara yang lugas dan penuh percaya diri.

Bersikap tegas: percaya diri dan berbicara secara lugas saat berkomunikasi dengan orang lain.
Agresif: sombong, memaksakan diri, dan tidak mau mendengarkan pendapat orang lain.
Pasif: menunda kebutuhan dan keinginan Anda demi kebutuhan dan keinginan orang lain.
Pasif-agresif: komunikasi dan perilaku tidak langsung untuk memanfaatkan orang lain.

Jadilah diri sendiri, dan katakan apa yang Anda rasakan karena orang-orang yang berkeberatan tidak perlu Anda anggap penting, sedangkan orang-orang yang perlu Anda anggap penting justru tidak akan berkeberatan.

Rasa bersalah, kecemasan, amarah, atau rasa takut terhadap perubahan: apa pun hambatannya, salah satu penyebab utama yang membuat Anda kesulitan mengatakan apa yang Anda inginkan dan tidak Anda inginkan adalah Anda tidak tahu caranya. Memberi tahu orang lain tentang hal-hal yang Anda inginkan dan tidak Anda inginkan mencangkup:

  • Mengenali Perasaan Anda 
  • Mengatakan dengan jelas dan terus terang
  • mendengarkan dan terbuka bagi pandangan orang lain 
  • menerima hak-hak orang lain


Mendengarkan dengan aktif, Anda harus berupaya untuk mendengarkan tanggapan orang lain. Sering kali terjadi, seseorang menanggapi perkataan orang lain dengan emosional: harapan dan asumsi Anda dapat mengubah persepsi Anda terhadap pendapat orang lain. Jadi, sebelum Anda menanggapi pastikan untuk Anda tidak salah memahami ucapan lawan bicara. Anda tidak harus sepakat dengannya, hanya memastikan bahwa Anda tidak salah paham.

Dengan berlatih terus menerus Anda akan mendapati bahwa ketika Anda mampu bersikap lebih tegas, Anda juga akan merasa lebih mudah mengambil sebuah keputusan. Tujuan Anda adalah menjadi lebih konsisten dalam beraksi dan berperilaku sehingga Anda merasa lebih percaya diri untuk mengambil keputusan dalam seluruh bidang kehidupan Anda.