Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

12 Langkah Menjadi Diri Sendiri - Asti Musman

Daftar Isi [Buka]
Judul: 12 Langkah Menjadi Diri Sendiri
Penulis: ASTI MUSMAN

Bankitnya kesadaran, tugu kumbang kapas langit biru. Angin berembus perlahan di antara hamparan putih kebun-kebun kapas. Anjing penjaga berlarian di sela tanaman. Itulah pemandangan di salah satu negara bagian Alabama yang terkenal sebagai pengahasil kapas tersebar di Amerika Serikat. Perkebunan kapas nan luas telah menjadi ciri wilayah itu. Kapas pulalah yang menjadi sumber penghidupan utama bagi sebagaian besar penduduk kota itu. 

Bangkit dari kegagalan, kehidupan manusia adalah kehidupan yang jatuh bangun. Sang pecipta tidak pernah menjajinkan langit selalu biru, namun satu hal yang pasti, setelah hujan reda selalu berdampak pelangi. Jika pun pelangi belum nampak dan mendung masih menggantung, tentulah Tuhan memilih rencana terbaiknya untuk kita. Bukan perkara kita gagal atau menghadapi masalah, namun yang terpenting adalah bagaimana kita bangkit dari kegagalan itu dan mulai melakukan pemburuan agar hal serupa tidak lagi.

Perubahan karena mempunyai tujuan, Orang bisa berubah karena dia mempunyai tujuan (goal) yang harus di raih. Bukan berarti keadaan saat ini sedemikian buruk, tetapi perubahan itu dilakukan karena kita memliki tujuan yang jelas dan terukur. Sehingga perubahaan itu dapat dilakukan dengan perlahan namun pasti. Jika kita tidak bisa melihat tujuan kita, ibarat kita berada di sebuah tempat yang gelap, kita tidak akan bisa meraih tujuan kita bahkan tidak akan memiliki keinginan karena tujuan tidak terlihat.

Kemenangan kita yang paling besar bukanlah karena kita tidak pernah jatuh, melainkan karena kita bangkit setiap kali kita jatuh.

Apa pun yang terjadi kepada kita, janganlah putus asa. Bahkan jika semua pintu tertutup, masih ada jalan rahasia di ujung sana yang belum kita ketahui. Kita tidak dapat melihatnya tetapi begitu banyak surga yang berada di ujung jalan ini. Bersyukurlah! Inilah hal yang termudah yang bisa kita ungkapkan untuk menyatakan terima kasih atas segala sesuatu yang kita dapatkan, dan ucapkan terima kasih juga pada hal yang belum kita dapatkan.

Jangan selalu pedulikan pandangan orang lain, sangat penting untuk mengatakan bahwa apa yang kita rasakan terhadap diri kita sendiri, belum tentu orang lain melihatnya demikian. selalu mengikuti cara pandang orang lain akan membuat kita perang batin karena merasa bahwa diri kita tidak sempurna. Padahal hanyalah kita sendirilah yang dapat mengubah diri kita sendiri.

Orang yang tidak melakukan kesalahan biasanya tidak melakukan apa - apa. Agar mampu mengubah diri kita sendiri maka fokuslah pada sasaran yang tapat. 

Tidak selalu jadi pemenang orang yang egois selalu menginginkan menjadi pemenang dalam setiap kesempatan. Padahal mengejar kemenangan setiap saat adalah hal yang mustahil. Mengapa? orang lain akan lebih cepat, lebih beruntung, lebih muda, lebih kuat dan lebih cerdas. Akhirnya, kita merasa bahwa diri kita tidak barharga dan tidak memiliki kemampuan seperti mereka. 

Enjoy life today
Yesterday is gone
Tomorrow may never come
Nikmati hidup hari ini, karena kemarin telah berlalu, dan hari esok belum tentu kita jalani.